Tingkatkan Mutu Pembelajaran Mahasiswa, Fakultas Teknik Renovasi Laboratorium

 

Dekan Fakultas Teknik Unipra, Didik Purwanto
Dekan Fakultas Teknik Unipra, Didik Purwanto

Surabaya | LPM BukPoIn – Fakultas Teknik Universitas W.R Supratman (UNIPRA) Surabaya, melakukan renovasi laboratorium Teknik Kimia pada awal bulan Februari 2024, dalam rangka rencana pemberdayaan laboratorium.

Dalam Pembangunan ini ada beberapa tahap yang akan dilakukan, untuk saat ini masih di tahap pertama pada laboratorium dasar Teknik Kimia dan ruang kerja.

Dekan Fakultas Teknik, Didik Purwanto, mengatakan jika tahap kedua dalam proses pengajuan, pasca renovasi laboratorium diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan dari fakultas teknik.

“Untuk renovasi tahap kedua masih dalam pengajuan, kedepannya Fakultas ingin laboratorium teknik kimia juga bisa dipakai untuk menunjang penelitian dosen, pelatihan,dan workshop untuk umum/siswa Sekolah, serta untuk menghasilkan produk inovasi,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui seluler, Senin (4/3/2024)

Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu alasan dari renovasi laboratorium ini adalah guna mempersiapkan penilaian akreditasi pada prodi teknik kimia.

“Selain itu renovasi laboratorium juga dilakukan untuk mempersiapkan penilaian akreditasi Teknik kimia karena fasilitas laboratoium pasti juga masuk menjadi salah satu penilaian,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan hasil penilaian asesor pekan lalu yang telah melakukan evaluasi pada laboratorium teknik kimia yang tidak cukup mengakomodasi kepentingan mahasiswa.

“Komentar mereka cukup baik dan memberikan beberapa rekomendasi yaitu modul praktikum perlu lebih dilengkapi atau diperbanyak. selain itu beberapa peralatan operasi Teknik Kimia dianggap perlu diupgrade dan sebaiknya ada fasilitas praktek simulasi yang memadai agar mahasiswa bisa mengikuti perkembangan teknologi digital,” jelas Didik.

Orang yang juga menjadi dosen di prodi teknik kimia ini merespon dengan baik terkait masukan dan rekomendasi dari asesor dan akan ditindak lanjuti oleh prodi dan fakultas.

“Tentu masukan dan rekomendasi dari Asesor itu perlu ditindak lanjuti dan saat ini fakultas dan prodi berupaya untuk terus meningkatan fasilitas laboratorium dan mengadakan kerjasama dengan berbagai instansi agar bisa dilakukan resourch sharing sehingga kita bisa mengakses fasilitas mitra untuk dimanfaatkan dalam proses tri darma pergruan tinggi,” terangnya.

Ia juga menaruh harapan kepada mahasiswa teknik kimia agar bisa menggunakan fasilitas yang ada dalam laboratorium dengan lebih maksimal lagi dan menjaganya dengan baik.

“Setelah renovasi dan asesmen lapangan, kaprodi dandekan berharap mahasiswa bisa lebih aktif berkegiatan di laboratorium, baik dalam rangka praktikum maupun kegiatan lainnya. Jika banyak kegiatan yang dilakukan di laboratorium, maka laboratorium akan bisa terus terawat dan berkembang,” tegasnya.

Di sisi lain Deddy mahasiswa dari prodi Teknik kimia, mengungkapkan perasaannya dengan adanya peremajaan laboratorium teknik kimia.

“Sangat Senang,Karena laboratorium kimia kondisinya lebih tertata, bersih, dan nyaman saat di gunakan,” ungkapnya.

Mahasiswa semester 6 ini juga menambahkan dengan adanya penataan ulang di laboratorium akan mempermudah mahasiswa saat melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti praktikum. 

“Sehingga ketika melaksanakan praktikum lebih enjoy karena saat mencari alat dan bahan yang dibutuhkan lebih mudah dikarenakan sudah tertata berdasarkan jenis dan abjad,” tutupnya. (Ast/Alw)