Mahasiswa KKN Unipra Sulap Jantung Pisang Jadi Pengganti Dendeng Daging

 

Proses pembuatan dendeng dengan bahan baku jantung pisang oleh kelompok 1 KKN-PPM mahasiswa Unipra Surabaya

Surabaya | LPM BukPoIn - Para Mahasiswa dari kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) berikan Pelatihan pembuatan dendeng jantung pisang kepada masyarakat Kalirungkut, Kecamatan Rungkut Surabaya.

Mereka menilai pelatihan pembuatan dendeng dengan menggunakan bahan baku dari jantung pisang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Pasalnya bahan baku dalam pembuatan dendeng selalu tidak terlepas dengan yang namanya daging sapi.

Nurul Hidayati salah satu warga Kalirungkut ini menjelaskan program dari kelompok 1 sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan UMKM.

"Sangat bermanfaat sekali, apalagi warga-warga baru tahu kalau ternyata ontong (jantung pisang) itu bisa dibuat seperti dendeng daging," ujarnya, Sabtu (2/3/2024).

Nurul berharap, agar mahasiswa lebih lagi meningkatkan ilmunya juga lebih untuk mendekatkan diri kepada masyarakat supaya ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat oleh orang banyak.

"Saya berharap kalau bisa selanjutnya mahasiswa-mahasiswa ini bisa kesini lagi untuk yang selanjutnya karena manfaatnya sangat besar untuk kami-kami," harapnya.

Sementara ketua kelompok 1 KKN-PPM mahasiswa Unipra, Husnul Hotimah menyampaikan, program seperti pembuatan dendeng dari jantung pisang hingga mendaftarkan produk makanan halal bukan tanpa alasan. Melainkan, ia menilai masyarakat Kalirungkut memiliki potensi yang bagus dalam dunia usaha.

"Kalau program inti itu pembuatan dendeng dari jantung pisang yang di mana di lanjutkan dengan produk makanan halal. Karena warga setempat banyak umkm," tandasnya.

Tak lupa, Husnul pun mengucapkan terimakasih atas terbukanya masyarakat Kalirungkut yang telah menerima kedatangan mahasiswa KKN-PPM Unipra.

"Alhamdulillah warga setempat menyambut kedatangan kami dengan ramah, warga juga sangat antusias dalam mengikuti rangkaian program yang sudah kami susun. Sekali lagi kami ucapan terimakasih untuk warga Kalirungkut," cetusnya.

Sekedar informasi, bahwa kelompok 1 KKN-PPM mahasiswa Unipra ini membawa beberapa program yang begitu bermanfaat bagi masyarakat seperti, pelatihan dendeng dengan menggunakan jantung pisang, membantu branding produk halal, kemudian melakukan periksa darah dan asam urat dan yang terakhir membuat mading untuk masyarakat Kalirungkut. (Pan/Alw)