Fakultas Teknik UNIPRA Menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan UKM

 

[Foto] Tim PKM, Narasumber dan para peserta Pelatihan Pembuatan laporan keuangan UKM

Nganjuk | LPM BukPoIn –Rangkaian pelaksanaan Hibah Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) yang di danai Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek) tahun anggaran 2023, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Teknik Universitas "WR. Supratman" (UNIPRA) Surabaya menyelenggarakan pelatihan penyusunan laporan keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).


Para peserta dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu sentra UKM kecamatan Baroon, Kabupaten Nganjuk, dilaksanakan di Lobeser Barat RT.01 RW.06 Kel. Baron, Kabupaten Nganjuk pada, 8 Oktober 2023, pukul 10.00-12.00 WIB.


Pelatihan ini di isi oleh Narasumber Dr. Soffia Pudji Estiasih, MM Dosen Fakultas Manajemen di UNIPRA yang mempunyai keahlian di bidang manajemen keuangan.


Soffia Pudji Estiasih mengatakan, pelatihan di mulai memberikan penjelasan terhadap para peserta tentang penyusunan laporan keuangan.


"Pelaksanaan pelatihan diawali dengan sharing atau penjelasan mengenai penyusunan laporan keuangan," tutur Soffia pada, Minggu (8/10/2023).


Lebih lanjut Ia menjelaskan, penyusunan laporan keuangan adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh UKM.


"Karena salah satu masalah pada UKM tidak ada pencatatan keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan kesimpulan," Ungkapnya.


Rini Dosen Prodi Teknik Industri UNIPRA mengatakan, Keberlanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pemberian tugas bagi peserta pelatihan  membuat laporan keuangan untuk bulan Oktober dan diserahkan untuk diperiksa oleh Narasumber.


"Dengan mengetahui posisi keuangan UKM maka dapat membuat rencana ke depan untuk pengembangan usaha mereka, dan ini merupakan kelemahan bagi sebagian UKM di Indonesia," Ungkap Rini pada, Senin (9/10/2023).


Lanjut, Ia mengatakan, Pelatihan penyusunan laporan keuangan ini bertujuan menciptakan UKM di Indonesia yang di lengkapi dengan Laporan keuangan dan memberikan pengetahuan tentang laporan keuangan yang harus dimiliki UKM.


"Tujuan dari kegiatan ini memberikan pengetahuan mengenai penyusunan laporan keuangan karena hal krusial yang harus dipunyai oleh UKM," tuturnya. (Asr / Rud)