Tim PKM Fakultas Teknik UNIPRA menyerahkan alat untuk mempermudah Produksi UKM Bawang Merah Goreng


[Foto] Tim PKM dari Fakultas Teknik UNIPRA saat memberikan alat slicer dan Spinner kepada UKM Baqoel-Qta di Lobeser barat RT.1 RW. 6 Kel. Baron Nganjuk.

Nganjuk | LPM BukPoIn – Fakultas Teknik Universitas WR. Supratman (UNIPRA) Surabaya melalui Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri dari Dosen Teknik Industri keahlian ergonomi, menyerahkan Alat pengiris bawang merah (slicer) dan Alat peniris minyak goreng (Spinner) kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Baqoel-Qta Nganjuk.

Kegiatan Serah Terima alat ini dilaksanakan Pada tanggal 18 Agustus 2023 dan merupakan pelaksanaan Hibah Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) yang memperoleh dana Hibah dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Program DRTPM, tahun anggaran 2023. 

Rini Dosen Prodi Teknik Industri UNIPRA mengatakan, UKM bawang merah goreng sehat, merupakan sektor penting dalam perekonomian Kabupaten Nganjuk sebagai sentra penghasil bawang merah untuk wilayah Jawa Timur.

"Pengabdian masyarakat ini membuktikan bahwa penggunaan alat produksi yang ergonomis dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan daya saing UKM," Kata Rini Pada Selasa, (3/10/2023).

Selain itu, lanjut Rini, kolaborasi dengan pemilik UKM dan pelibatan mahasiswa dalam hibah PMP juga meningkatkan kesadaran mereka tentang peran teknologi dan ergonomi dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal.

"Supaya alat yang diberikan lebih meningkat lagi produksi UKM bawang merah goreng, Lebih berkualitas dan mempermudah para pelaku UKM bawang merah goreng," tuturnya.

Lebih lanjut rini mengucapkan, Terimakasih atas pemberian dana Hibah PMP Kemendikbud Ristek terhadap Tim Penulis.

"Terimakasih disampaikan kepada Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang telah memberikan dana hibah PMP kepada tim penulis untuk mempublikasikan kegiatan pengabdian masyarakat ini," ungkapnya. (Asr / Rud)