Demi Mengasah Kepekaan Mahasiswa Surabaya, Himanistra UNIPRA Undang Ketua DPRD Surabaya Dalam Pelatihan Analisa APBD

 

[ Foto ] Webinar Pelatihan Analisa Anggaran APBD 

Surabaya | LPM BukPoIn - Himpunan Mahasiswa Administrasi (Himanistra), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas W.R Supratman (UNIPRA) Surabaya, gelar pelatihan analisa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), yang dilaksanakan di ruang pertemuan UNIPRA, Sabtu (16/7/2022). 

Kegiatan tersebut di lakukan dalam rangka melaksanakan Program Kerja (Proker) Himanistra yang ke 2.

Pelatihan analisa APBD tersebut mengusung tema "Good and Clean Governance Pemerintah Berbasis Anggaran"

Rizki selaku ketua Himanistra mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud Proker kami.

"kita adakan pelatihan analisa APBD yang mana peserta harus paham betul terkait perencanaan pembangunan dan memahami analisa keuangan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku", ungkapnya. 

Adi sutarwijono selaku ketua DPRD Surabaya sekaligus sebagai keynote speakers dalam kegiatan tersebut, ia mengatakan tata kelola pemerintahan yang baik efisien dan efektif harus memuat, akuntabel, transparansi, trust, dan transparansi publik. 

"Anggaran pembangunan dengan terlebih dahulu menerima masukan masyarakat (Bottom-up) melalui musyawarah pembangunan (Musrenbang) dimulai ditingkat kelurahan, kecamatan, dan tingkat kabel/kota", Ungkapnya.

"ada juga perda RPJMD yang menjadi patokan dalam penyusunan arah pembangunan, yang dimana berasal dari visi-misi kepala daerah, DPRD melalui badan anggaran (Banggar) dan komisi-komisi membahas rancangannya APBD yang diajukan kepala daerah, setelah itu barulah disepakati oleh kepala daerah dan DPRD dalam paripurna", tutupnya. (Pan/Roy)