Tingkatkan Kualitas Pendidikan, HIMANISTRA akan Adakan Pelatihan Analisa APBD

[ Foto ] Fliyer Webinar Analisis APBD

Surabaya | LPM BukPoIn - Himpunan Mahasiswa Administrasi (HIMANISTRA), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas "WR. Supratman" (UNIPRA) Surabaya, Akan menjalankan Program kerja (Proker) yang kedua di kepengurusan periode 2021-2022.

Proker yang ke dua ini Himanistra akan melakukan pelatihan analisa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), yang akan di laksanakan pada hari Sabtu 16/07/2022 di Kampus UNIPRA Surabaya.

Rizki selaku ketua Himanistra mengatakan, "sehubungan program kedua Himanistra, dari program kerja pertama yang sudah melahirkan output Mahasiswa di bidang jurnalis, sehingga melahirkan BukPoIn," Kamis (14/07/2022).

Proker Himanistra dalam bidang pelatihan dimana mahasiswa dilandasi UU No.12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (Tridharma).

Pelatihan analisa APBD bertemakan "Good And Clean Governance" Pemerintah Berbasis Anggaran dimana pelatihan ini memfokuskan pada anggaran daerah yakni APBD Kota dan Kabupaten .

Lebih lanjut ia mengatakan, "kita harus bisa menelaah apakah pemerintahan sudah merencanakan Hakekat konstitusi pada anggaran yang dimana, mensejahterakan masyarakat atau hanya mengakibatkan impact pada masyarakat." 

"Serta kita juga harus benar-benar melihat anggaran, karna anggaran merupakan hal yang paling krusial hal yang paling penting, pemerintah sudah saatnya transparan, akuntabilitas, bukan hanya melakukan pendekatan Top Down, tetapi juga harus melakukan pendekatan partisipatif dalam hal kebutuhan perencanaan penganggaran."

Dra Wiwik Prihartanti, M.Si selaku  dekan FISIP mengatakan, "tentunya perlu kita beri apresiasi kepada mahasiswa-mahasiswa kita yang aktif dalam kegiatan analisa APBD, apalagi kegiatan tersebut merupakan proker Himanistra.

Kegiatan tersebut akan menghadirkan Ketua DPRD Kota Surabaya D. Adi Sutarwijono sebagai Keynote speaker, dilanjut kan oleh Abd Basit ( Bid. Advokasi Poor Budget Pusaka Indonesia Raya) dari PUSAKA sebagai pemateri pertama, kemudian Mohammad Syafi ( Sekretaris Law Of Republican Advocation) dari LORA sebagai pemateri yang kedua.

Dengan pemateri-pemateri yang handal dalam bidang Anggaran apalagi yang menjadi keynote speaker dihadirkan langsung dari DPRD Kota Surabaya yang menjabat sebagai ketua, Himanistra disini tidak main-main dalam melaksanakan program keduanya ini.

"Harapan kedepannya, Mahasiswa bukan hanya agent off change, tetapi juga mahasiswa agent off control, yang dimana mahasiswa harus mampu melihat perencanaan dalam siklus anggaran secara mikro," Tutup ketua himanistra. (Rud/Rvl)