PC Fatayat NU Surabaya Jalin Kerjasama dengan Unipra, Camelia Habibah: Bentuk Harmonisasi dan Sinergitas

{Foto} Camelia Habiba (Ketua PC Fatayat NU Surabaya) saat diwawancarai di area sekitar kampus

Surabaya l LPM BukPoIn - Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Surabaya bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan komisi 7 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan kerjasama dengan Universitas W.R. Supratman (Unipra) Surabaya, dalam kegiatan pelatihan social media marketing, yang dilaksanakan selama 7 hari, mulai dari tanggal 16 - 22 Januari 2024.

Kegiatan ini dibuka mulai pukul 09.00 WIB dengan diikuti 193 peserta. Beberapa peserta merupakan mahasiswa dari Unipra sendiri. Selama 7 hari, para peserta akan diberikan materi dan pelatihan dari Balai Diklat Industri (BDI).

Menurut Ketua PC Fatayat NU Surabaya, Camelia Habiba mengatakan, tujuan adanya kerjasama ini merupakan bentuk harmonisasi dan sinergitas antara Fatayat dengan Unipra.

"Ini adalah bentuk harmonisasi dan sinergitas antara Fatayat dan juga kampus Unipra, dimana kita memang sudah menjalin ikatan cinta luarbiasa dengan kampus Unipra," kata Habibah, Rabu (17/1/2024) saat dikonfirmasi oleh pewarta LPM BukPoIn.

Dia juga menambahkan, bagaimana peranan unipra dalam ikut andil untuk mencerdaskan warga suroboyo dan memberikan peluang bagi anggota Fatayat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

"Fatayat sebagai organisasi kepemudaan justru bersyukur ada Unipra di kota Surabaya, yang dimana banyak memberikan peluang khususnya untuk keluarga-keluarga Fatayat yang menengah kebawah, untuk susah mengakses dunia pendidikan jenjang strata 1 (S1) dan strata 2 (S2)," tambahnya.

Bentuk kerjasama ini, lanjut Habibah, bukan hanya di lembaga pendidikan formal saja, tapi juga dalam kegiatan non formal. 

"Jadi memang kita dapat program ini wasilahnya adalah dari DPR RI Komisi VII, karena fatayat juga bermitra dengan unipra, akhirnya saling bekerjasama," tutupnya.

Sedangkan Rektor Unipra, Bachrul Amiq mengatakan adanya kerja sama ini karena memiliki visi misi yang sama.

"Tujuan adanya kerja sama ini karena kita memiliki visi misi yang sama, bagaimana membuat anak-anak muda bisa produktif di usianya, dengan mengajarkan kepada mereka tentang digital marketing menggunakan media sosial," jelasnya.

Dirinya juga menambahkan, impact pelatihan terhadap mahasiswa Unipra yaitu sesuai temannya 3in1, pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penempatan di dunia kerja.

"Di Unipra, Mahasiswa kan termasuk dalam usia produktif juga, maka mahasiswa bisa menjadi bagian dari peserta yang mendapat pelatihan ini, pelatihan ini bermanfaat karena konsepnya 3in1, pelatihan, sertifikasi kompetensi dan yang terakhir adalah penempatan di dunia kerja," tambahnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pelatihannya ini, mahasiswa Unipra mempunyai keahlian diluar keilmuannya.

"Meningkat kompetensinya, meningkat sklillnya, jadi kompetisi dan keahliannya itu tidak hanya dari keilmuannya, tetapi mempunyai kompetensi lain yang mendukung bagaimana mereka menerapkan ilmunya," cetus Amiq.

Sebelumnya, Unipra juga pernah bekerja sama dengan Fatayat dalam pemberian beasiswa untuk anggota Fatayat yang ingin kuliah, jadi untuk kerja sama ini bertujuan meningkatkan kemampuan terutama mahasiswa dari Fatayat dalam program pelatihan ini.

(Shb/Pan).