Bekali Soft Skill di Bidang Kepenulisan, Bukpoin Gelar Pelatihan Jurnalistik

 

[Foto] Para peserta diklatsar jurnalis sedang melakukan forum diskusi 

Surabaya | LPM BukPoIn - Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Jurnalistik dengan tajuk 'Menciptakan Insan Pers yang Kritis dan Produktif di Era Society 5.0' sukses di helat oleh Lembaga Pers Mahasiswa Buku, Point, Intelektual (LPM BukPoIn) FISIP, Universitas W.R Supratman (UNIPRA).

Kegiatan yang di gelar di ruang pertemuan lt 2 UNIPRA selama dua hari (Sabtu-Minggu) tersebut berlangsung secara gayeng. Dengan di ikuti sebanyak sepuluh peserta dari mahasiswa lintas prodi UNIPRA, Sabtu (11/11/2023).

Dalam sambutannya, Kaprodi Administrasi Publik, Hardiono, Ia mengatakan, peran pers dalam sistem pemerintahan sangatlah penting. Ia mengibaratkan peran pers dalam pemerintahan seperti organ vital.

"Pers itu adalah nafas demokrasi, pers ini kekuatan nya sangat pokok sebagai penggerak. Banyak tokoh-tokoh nasional yang lahir dari rahimnya pers. Maka dari itu, kekuatan pers ini sangat besar," katanya.

Ia berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat meningkatkan keahlian dalam dunia jurnalistik dan mengaplikasikan ilmunya secara baik.

"Setelah anda mendapatkan pelatihan harapannya bisa meningkatkan kecakapan dan keahlian dalam bidang jurnalistik. Maka dari itu selama pelatihan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya," tukasnya.

Sementara Aldi Fakhrudin selaku PU BukPoIn, menyampaikan, kegiatan yang di selenggarakan ini merupakan program rutin setiap tahun yang sifatnya tidak dapat di tiadakan begitu saja, karena kegiatan ini bertujuan untuk memberikan soft skill mahasiswa agar dapat bersaing dengan kampus-kampus di luar sana.

"Untuk Diklatsar sendiri wajib di agendakan setiap tahunnya, ini menjadi langkah untuk mencari regenerasi berikutnya. Kegiatan ini juga salah satu bentuk dalam mencetak para jurnalis muda di era 5.0 yang dimana pada era ini manusia hidup berdampingan dengan teknologi," ujarnya.

Lebih lanjut, mahasiswa asal kota santri ini, menerangkan, bahwa untuk mensukseskan dan mencapai tujuan dari diklatsar jurnalistik, pihaknya menggandeng beberapa narasumber profesional yang betul-betul kompeten di bidang kejurnalistikan.

"Untuk Diklatsar Jurnalistik ini kita mendatangkan Pemateri Profesional diantaranya Moh Asrori (Mantan PU LPM BukPoIn), Rakhmat Hidayat dari Memorandum, Eko Widodo Delegasi dari PWI, Abdullah Faqih  dari Tribun Jatim, Arga Nur Wahid dari Lensa Indonesia, dan satu lagi Sidiq Prasetyo dari Jawa Pos," terang aldi di sela-sela acara.

Sekedar informasi bahwa, kegiatan Diklatsar Jurnalistik sudah dilaksanakan ke 2 kalinya dari awal terbentuknya LPM BukPoIn. (Pan/Alw)