Diskusi Berkala HIMANISTRA dihadiri Ratusan Mahasiswa

 

[Foto] 100 Mahasiswa Mengikuti Diskusi Berkala KPU

Surabaya | LPM BukPoIn – Himpunan Mahasiswa Administrasi (HIMANISTRA), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas W.R Supratman (UNIPRA) Surabaya, menggelar Diskusi Berkala dengan tema "Pemilih Pemula Dalam Pemilu Serentak 2024" di Aula UNIPRA.

Dengan dihadiri oleh ratusan mahasiswa UNIPRA dan jajaran petinggi kampus lainnya, dimulai pukul 18.00 WIB, pada Kamis kemarin (20/10/2022)

Bachrul Amiq rektor UNIPRA menjelaskan, bahwa kegiatan ini sangat bagus terhadap para mahasiswa terutama UNIPRA. 

"Iya bagus, karena memberi semangat kita untuk turut berperan serta dalam pemilu, pemilu itu penting salah satu instrumen dokumentasi pilar nya demokrasi, kalau tidak ada pemilu demokrasi runtuh, jadi pemilu itu wajib dalam demokrasi walaupun Langit runtuh" jelasnya 

Lebih lanjut Ia menjelaskan, bahwa kepekaan terhadap para mahasiswa itu penting terhadap kepemiluan dengan cara ikut berpartisipasi dalam penyelenggara pemilu.

"Demokrasi mesti di kaji pemilu, makanya tidak boleh ada penundaan pemilu perpanjangan masa jabatan presiden tidak boleh ada seperti itu, amanat konstitusi, nah kesadaran seperti itu penting buat mahasiswa sekaligus ngawal agar pemilu benar-benar diselenggarakan pada waktu nya tidak ada pencedraan terhadap hak-hak asasi manusia terutama hak warga negara, " ulas nya.

Harapannya, bahwa mahasiswa Unipra berkesempatan besar untuk menjadi calon penyelenggara pemilu, karena sudah mendapatkan pencerahan dari pihak KPU kota Surabaya.

"Mahasiswa Unipra berperan serta dalam pemilu nanti apalagi sekarang sudah mendapatkan pencerahan lebih awal dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, saya kira mahasiswa Unipra menyambut pula, Sehingga mahasiswa bisa berperan lebih banyak apalagi tadi, ada penawaran dari KPU, supaya bisa menjadi bagian dari penyelenggara pemilu, saya kira itu penting buat disambut oleh para mahasiswa dan tidak hanya belajar dari praktek," ungkap nya, pada saat di liput oleh BukPoIn Kamis (20/10/2022).

Rizki ketua Himanistra mengungkapkan, Kegiatan ini akan dilakukan secara berjenjang, dimana kami lakukan dengan tiga tahap pertemuan nantinya Yang pertama, mengangkat tema pemilih pemula dalam pemilu serentak 2024.

"Untuk yang kedua kita akan umumkan, tema yang akan diambil selanjutnya," Jelasnya, pada saat di liput oleh BukPoIn, Jumaat (21/10/2022).

Ia juga mengatakan Puji syukur, saya kira hanya berapa peserta, nah setelah acara mau dimulai sudah banyak peserta yang sudah di forum dan bahkan lebih dari yang saya duga.

"Tetapi kita lakukan beberapa pendekatan komunikasi pada antar fakultas meski harus mengintervensi satu-satu mahasiswa. Untuk kegiatan selanjutnya kami ingin mahasiswa harus ikut berperan dalam konteks kepemiluan," jelasnya.


[Foto] Para peserta Pada Saat Mengisi Form Kehadiran 

Husnul peserta Diskusi Berkala mengungkapkan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Himanistra ini sangat membantu para mahasiswa yang masih awam tentang pemilu 

"Acaranya sangat membantu mahasiswa, terutama buat saya sendiri yang memang belum paham tentang pemilu," ulasannya.

Lebih lanjut mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjelaskan, karena masih banyak anak muda yang belum paham dengan alur pemilu itu bagaimana, jadi kita sebagai generasi yang baru, yang awalnya buta, itu bisa tau alur yang ada di saat pemilu nanti

"Sangat mengesankan, dan itu menambah pengetahuan saya tentang ilmu politik yang ada di surabaya," Tutupnya. (Rud/Asr)