Cara Mendaftar Program KIP-K, Agar Cepat Terverifikasi

 

Kartu Indonesia Pintar (Ist). 
Surabaya | LPM BukPoIn - Pendaftaran Program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) secara resmi telah dibuka mulai tanggal 12 Februari 2024.

Bagi kalian semua yang belum tahu mengenai apa itu Beasiswa KIP-K maka disini Bukpoin akan sedikit menjelaskan seputar beasiswa KIP-K hingga langkah-langkah agar kalian bisa mendapatkannya.

Nah pastinya kalian bertanya-tanya apa sih Beasiswa KIP-K dan bagaimana cara untuk mendapatkannya?

Jadi Beasiswa KIP-K adalah sebuah program bantuan dari pemerintah untuk membantu siswa atau siswi yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan dengan masalah keterbatasan ekonomi. Selain itu beasiswa KIP-K juga memberikan peluang bagi siswa-siswi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Lantas bagaimana dengan syarat-syarat agar bisa mendapatkan beasiswa KIP-K ini ?

Nah berikut ini adalah syarat-syarat yang telah dihimpun oleh Bukpoin berdasarkan pedoman pendaftaran KIP-K 2024 dari Kemendikbudristek agar kalian bisa mendapatkan beasiswa KIP-K :

1. Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan(SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

2. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik atau Perguruan Tinggi Vokasi baik PTN atau PTS yang telah terakreditasi pada Program Studi yang juga telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

3. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, yang didukung bukti dokumen yang sah.

Adapun langkah-langkah untuk mendaftarkan Beasiswa KIP-K seperti uraian dibawah ini.

1. Lakukan Pendaftaran Akun di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan akun email aktif
3.  Pastikan data di atas sudah benar dan tunggu hingga proses validasi yang dilakukan oleh sistem KIP Kuliah selesai. Jika berhasil maka sistem akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.
4. Setelah mendapatkan kode akses, silahkan masuk ke laman KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode yang telah dikirimkan ke email yang terdaftar.
5. Selanjutnya, kalian akan diarahkan dan dianjurkan untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan dan pastikan data-data sesuai dengan benar. Setelah data-data yang dibutuhkan sudah lengkap, pilih proses seleksi yang ingin dipilh melalui jalur SNBP/SNBT/Mandiri.
6. Bagi para calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, nantinya akan dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

Nah itu tadi penjelasan mengenai seputar Beasiswa KIP-K hingga langkah-langkah agar bisa mendapatkan Beasiswa KIP-K.

Jangan sampai kalian ketinggalan karena Beasiswa KIP-K secara resmi akan ditutup pada tanggal  31 Oktober 2024. (Tim Bukpoin)