Siap Mengawal Pemilu 2024, Dua Mahasiswa Unipra Jadi Bagian Dari PTPS


[Foto] Fleyer Ucapan selamat atas di tetapkan sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) kepada Dua Mahasiswa aktif Prodi Administrasi Bisnis 
Surabaya | LPM BukPoIn – Dua Mahasiswa prodi Administrasi Bisnis, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas WR. Supratman (UNIPRA) Surabaya, jadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2020, yang dilantik pada 22 Januari 2024 lalu.

Sebagai bentuk partisipasi anak-anak muda dalam mengawal berjalannya pesta demokrasi, mahasiswa UNIPRA ini tidak tanggung tanggung untuk daftar dan berhasil lolos dalam tahapan seleksi dan diresmikan menjadi anggota PTPS yang dibentuk oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan.

[Foto] Suci Setia Rahayu, mahasiswa semester 5 Administrasi Bisnis, FISIP Unipra

Suci Setia Rahayu, yang kerap disapa Suci menjelaskan bahwa ini adalah langkah tepat bagi anak muda untuk berkontribusi agar pemilihan berjalan lancar dan damai. 

"Keinginan saya untuk menyukseskan proses pemilu. Sebagai pengawas pemilu, saya memahami pentingnya menjaga integritas, transparansi, keadilan disetiap tahapan pemilu," tuturnya pada (31/01/24)

Lebih lanjutnya, ia membeberkan, beberapa tahap proses seleksi yang telah dilaluinya.

"Seleksinya sangat ketat, pada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, hingga tes wawancara mengenai seputar tugas, hak, dan kewajiban PTPS," imbuhannya mahasiswa semester 5.

[Foto] Muhammad Zaky Mubarok, mahasiswa semester 5 Administrasi Bisnis, FISIP Unipra

Sementara itu Zaky, mahasiswa FISIP Unipra yang mendaftar PTPS di kelurahan Made ini juga menyampaikan kesulitan apa yang dirasakan selama proses seleksi.

"Pendaftaran cukup mudah, seleksinya agak sulit saat sesi wawancaranya saja. Syukur Alhamdulillah bisa lolos," ungkap sang mahasiswa.

Menjadi bagian dalam PTPS merupakan hal baru bagi mereka, beberapa kendala dalam mempelajari sistem yang akan digunakan nantinya menjadi challenge yang harus dilalui.

"Kesulitan pasti ada, apalagi mempelajari penggunaan sistem aplikasi yang baru, yaitu siwaslu," ujarnya saat ditanyai oleh pawarta Bukpoin.

Lebih lanjut, Suci mengungkapkan harapannya sebagai anggota PTPS dalam menjalankan tugasnya.

"Mampu menjalankan peran saya secara efektif, saya yakin saya dapat membantu menciptakan lingkungan di mana setiap warga negara yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya secara bebas dan percaya diri," tutup Suci diakhir pertanyaan

Keduanya berharap, dengan ikut bergabungnya mereka dalam Pemilu serentak 2024 ini, dapat menjadi bentuk kontribusi dan membangkitkan semangat demokrasi generasi muda dalam kepemiluan kedepannya. (Adl / Alw).