LDKM 2024 Temui Ketidaksamaan dengan Tahun Sebelumnya ; Berikut Respon dari Ketua BEM

[Foto] Peserta LDKM bersama Pengurus BEM dan Wakil Rektor 1 di Halaman Kampus 
Surabaya | LPM BukPoIn - Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Universitas "WR. Supratman" (UNIPRA) Surabaya, sukses melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) yang bertajuk "Level Up Yourself To Be Leader" dengan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (6-7 Januari 2024).

Acara ini berlangsung di Aula Unipra, dengan di ikuti oleh puluhan Mahasiswa dari berbagai Fakultas serta juga mengundang Dekan dan kaprodi sebagai tamu undangan. 

Dalam kesempatan tersebut, BEM Unipra juga menghadirkan 2 pemateri yang profesional di bidangnya, diantaranya Mira Gayatri Kartika SE., MM yang menjelaskan pengertian dasar tentang franchise dan kemitraan, sebagai pamateri 1, dan Fingki Suswati, S.Ak yang menjelaskan leadership for gen z sebagai Pemateri 2.

Presiden Mahasiswa (Presma), Ryan Adi Pratama mengatakan bahwa LDKM ditahun ini berjalan sesuai dengan harapan dari panitia.

"Alhamdulillah, Kegiatan LDKM di periode 2023-2024 terlaksana dengan baik walaupun ada ketidaksamaan dengan jumlah mahasiswa yang mengikuti, dengan jumlah mahasiswa yang mengikuti di tahun kemarin (2022), akan tetapi saya mengapresiasi kepada para pantia yang telah berusaha semaksimal mungkin dan rela mengorbankan waktunya demi acara ini," Ujarnya, saat dikonfirmasi oleh pawarta BukPoIn, pada Minggu (7/1/2024) di depan Aula Unipra.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan, jumlah peserta LDKM tahun ini termasuk sudah mendekati ideal, meskipun pesertanya lebih sedikit daripada tahun sebelumnya.

“Dari data peserta LDKM tahun kemarin, mencapai kurang lebih sekitar 100 peserta, itu terkumpul kurang lebih dari 2 angkatan, makanya pesertanya ada banyak, kalau untuk tahun ini karena sudah ada beberapa mahasiswa yang mengikuti LDKM ditahun 2022 kemarin, tahun ini ada sekitar 70 peserta, menurut saya dengan jumlah tersebut sudah ideal di skala Universitas WR Supratman (Unipra) ini, karena Unipra kan terkenal dengan kampus para pekerja, jadi terkadang ada yang tidak bisa mengikuti acara secara maksimal, apabila ada kesempatan, bagi mahasiswa yang belum bisa mengikuti di tahun ini, bisa mengikuti LDKM di tahun depan nanti, dan pastinya dengan tema dan konsep yang berbeda,” katanya.

Orang yang mempunyai kedudukan tertinggi di BEM ini memberikan alasan kenapa panitia mengambil tema “Level Up Yourself to be Leader” untuk LDKM tahun ini.

“Di LDKM tahun ini, tema kita lebih mengarah ke leadership diri sendiri, karena untuk mahasiswa sekarang kan kebanyakan dari gen z, jadi yang kita harapkan, teman-teman memiliki mental yang kuat dan loyalitas terhadap kampus,” tambahnya.

Sedangkan, dari Ketua panitia LDKM, Joddy mengatakan tujuan adanya materi kewirausahaan di kegiatan LDKM ini.

“Kewirausahaan juga membutuhkan kepemimpinan yang bagus, kalau kita belum bisa menjadi kepemimpinan yang baik, pasti tidak akan ada kewirausahaan yang berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara dari sisi lain, Bambang sutejo sebagai Wakil Rektor 1 bidang Kurikulum dan kemahasiswaan memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para panitia yang bertugas dari awal.

"Iya alhamdulillah acara ini bisa terselenggara dengan baik meskipun dengan segala persiapan yg cukup mepet. Saya apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan perjuangan temen-temen BEM acara ini bisa terselenggara dengan lancar," jelasnya.

Orang yang memberi kata sambutan di acara ini mengungkapkan bahwa harusnya ldkm ini adalah salah satu acara yang harusnya wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, karena sertifikat ldkm sendiri menjadi syarat kelulusan mahasiswa.

"Harusnya acara ini bisa diikuti oleh semua mahasiswa maba baik yang transfer maupun reguler, dan mahasiswa angakatan sebelumnya juga harus ikut karna sertifikat ldkm ini menjadi pendamping ijazah dan salah satu syarat kelulusan," ungkapnya. (Msh/Shb/Pan).