UNIPRA Gandeng Salah Satu BUMD di Surabaya

[Foto] diambil pada saat Forum Diskusi dengan Direksi PDAM 
Surabaya l LPM Bukpoin - Universitas W.R. Supratman (Unipra) Surabaya Melakukan suatu progres dengan menandatangani MoU (Memorandum Of Understanding) dengan Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Surabaya yaitu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada. 

Bachrul Amiq selaku rektor Unipra mengungkapkan, bahwa Mekanisme Pengajuan MoU ini sebenarnya dari kampus sendiri dengan melalui lembaga penelitian Universitas.


"Unipra memiliki lembaga penelitian, Oleh karena itu kita mengajukan diri ke PDAM untuk menjadi mitra PDAM," Ungkapnya. Saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp, pada Kamis (14/12/2023).


ia mengatakan, sebagai wujud pengabdian Elemen Kampus, Untuk masyarakat serta perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


"Sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, namun pada prinsipnya adalah sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi," Tuturnya.


Lebih lanjut, ia memberikan pernyataan yang cukup lugas bahwa semakin banyak MoU yang disepakati dapat memantik meningkatkan Akreditasi Universitas "W.R Supratman".


"Hal itu penting untuk peningkatan akreditasi," Jelasnya.


Didik selaku ketua tim pelaksana sensus PDAM, yang ditugaskan langsung oleh rektor Unipra mengatakan, Unipra cukup beruntung menjadi salah satu kampus untuk diajak bermitra dengan PDAM, karna memang ada prosedur persyaratan untuk bisa diajak bermitra.


"Memang Ada beberapa Prosedur dari pdam sendiri, diantaranya kampus punya MoU dengan Pdam dan yang kedua memiliki komitmen untuk menyelesaikan proyek sensus ini karna area cakupannya cukup luas dan banyak sekali," Paparnya.


Orang yang mempunyai kedudukan tertinggi di Fakultas Teknik ini mengatakan, PDAM punya alasan tersendiri kenapa melibatkan tenaga akademis, Untuk kebutuhan kajian akademik.


"Pdam membutuhkan kajian akademik atau tenaga akademisi, karna akademisi dapat memberikan masukan-masukan untuk berbagai hal kedepannya," Tutupnya. 


Perlu diketahui, UNIPRA MoU dengan PDAM Surya Sembada di bulan juni, dan baru melakukan program pertamanya yaitu Data Penduduk Pelanggan PDAM pada bulan juli - mei. (Msh / Abd)