Respon Ketua BEM; RPL Sangat Bagus Bagi Kuantitas Mahasiswa di Unipra


[Foto] Ketua BEM UNIPRA (Ryan Adi Pratama)
Surabaya | LPM BukPoIn – Universitas W.R. Supratman (UNIPRA) Surabaya baru-baru ini meluncurkan program perkuliahan hanya satu tahun untuk menjadi Sarjana Strata Satu (S1) lewat Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di tahun akademik 2023 / 2024 dengan dibuka pendaftarannya pada tanggal 7 November 2023.


Jalur RPL diperuntukkan bagi para mahasiswa yang ingin menempuh masa perkuliahan lebih cepat. Program emas Kampus Indonesia Raya ini telah menarik banyak perhatian, terbukti dengan jumlah pendaftarnya yang melampaui ratusan mahasiswa.


Ryan Adi Pratama selaku Ketua dari Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) menyampaikan responnya terkait jalur perkuliahan yang menjadi topik hangat baru-baru ini.


"Program RPL sendiri sangat bagus bagi kuantitas mahasiswa di UNIPRA," ulasannya, pada saat dikonfirmasi oleh pawarta BukPoIn melalui via WhatsApp, pada (14/12/23).


Lebih lanjutnya, ia mengungkapkan dampak dari program RPl, terhadap para Organisasi Mahasiswa (Ormawa).


"Bahwa secara signifikan ada atau tidaknya program RPL ini belum terlalu berdampak terhadap ormawa," Ujarnya.


Orang yang biasanya dijulukan menjadi Presiden Mahasiswa (Presbem) ini berpendapat, program emas ini merupakan langkah tepat dalam meningkatkan kuantitas mahasiswa di kampus.


"Yang pasti, UNIPRA ini kan mengusung motto kampus pekerja, tentu saja program RPL sangat selaras dengan motto yang diusung UNIPRA. Sehingga harapannya, masyarakat tidak perlu bingung mencari institusi pendidikan tinggi utamanya bagi pekerja," tuturnya.


Orang yang mempunyai kedudukan tertinggi di BEM ini meyakini, bahwa nantinya program ini dapat menarik lebih banyak lagi mahasiswa pekerja untuk mendaftar di tahun berikutnya.


"⁠Tentu saja, terlebih bagi mereka yang saat ini sedang menitih karir. Atau bagi temen-temen Gen Z yang merupakan sandwich generation dimana harus bekerja untuk menghidupi keluarga, namun tetap bisa meraih impian belajar di perguruan tinggi," ungkapnya mahasiswa semester 7 dari Fakultas Teknik.


Perlu diketahui, Program RPl tahun akademik 2023 - 2024 di UNIPRA sudah di  tutup pada tanggal 18 November 2023 dan dimulai kuliah perdana di tanggal 28 November 2023. (Adl / Rud)