Respon Rektor pada Program RPL di UNIPRA

[Foto] Fleyer Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Unipra 
Surabaya | LPM BukPoIn - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di tahun 2017 melalui peraturan menteri No. 26 tahun 2016, akan tetapi di Universitas W.R. Supratman (UNIPRA) Surabaya, baru terealisasikan di tahun 2023.

Dalam Program RPL ini, memberikan dampak yang cukup signifikan bagi perguruan tinggi di Indonesia, di karenakan dalam Program RPL ini sangat membantu para karyawan yang bekerja di perusahaan maupun non perusahaan, yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, yang hanya berkuliah cuma 1 tahun untuk mendapatkan gelar Strata Satu (S1).


Dalam hal ini Unipra, berhasil melaksanakan program perkuliahan RPL ini di tahun  akademik 2023/2024, namun ada beberapa Syarat agar program perkuliahan RPL ini bisa terlaksana dalam suatu instansi adalah harus adanya sertifikasi dari Kemdikbud. Mulai dari program studi yang harus terakreditasi minimal B, sampai seluruh sistem pembelajaran yang harus dilaporkan kepada Kemdikbud agar bisa dikualifikasi oleh Kemdikbud sesuai standar minimal diperbolehkannya mengadakan program perkuliahan RPL.


Dan di kampus Unipra ini sudah ada empat program studi yang sudah tersertifikasi oleh Kemdikbud dan sudah bisa ditempuh dengan jalur program RPL, diantaranya Administrasi Publik, Akuntansi, Manajemen dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).


Rektor Unipra, Bahrul Amiq merespon baik dengan adanya program RPL di UNIPRA.


"Bagus, karena menjembatani antara teori dan praktek. Dengan adanya program ini, orang yg sudah mahir dalam prakteknya tidak perlu mengulang pelajaran dari dasar. Dan Alhamdulillah nya Unipra bisa berperan serta dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas SDM," Ulasannya, pada saat dikonfirmasi oleh pawarta BukPoIn pada Kamis (14/12/2023) di Gedung rektorat.


Lebih lanjutnya ia membedakan program perkuliahan RPL di Unipra dengan kampus lainnya.


"Hal plus yang pertama adalah biaya kuliah RPL di Unipra adalah biaya yang paling murah se-Indonesia, Rp 15 juta untuk yang mengambil satu tahun perkuliahan, yang kedua sudah mendapatkan izin oleh Kemdikbud, jadi mahasiswa program RPL Unipra sudah pasti diakui kesarjanaannya," Ujarnya.


Perlu diketahui, Syarat bagi calon mahasiswa yang mendaftar program perkuliahan RPL di Unipra ini harus mempunyai pengalaman kerja, dalam program studi yang akan ditempuh. Dan saat registrasi akan ditentukan berapa SKS yang harus dijalani bagi perorangnya. (Kdj / Rud )