Sambut Mahasiswa Baru, UNIPRA Berikan Pembekalan PKKMB 2023

[Foto] Para Mahasiswa Baru melakukan Registrasi di depan Ruang BAAK
Surabaya | LPM BukPoIn - Universitas W.R "Supratman" (UNIPRA) Surabaya memberikan pembekalan bagi mahasiswa baru yang akan mengikuti serangkaian Pengenalan Kegiatan Kampus bagi Mahasiswa (PKKMB) 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung secara offline/online di Gedung Rektorat lt 3, dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru tahun Akademik 2023-2024, Jumat (8/9/2023).

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) sekaligus Wakil Rektor 1 UNIPRA, Bambang Sutejo mengatakan, jumlah mahasiswa pada tahun ini mencapai 200 mahasiswa baru dari berbagai daerah. Jumlah tersebut jauh berbeda dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya mendapatkan 150 mahasiswa.

"Jumlah mahasiswa baru di tahun ini 2023 per 31 Agustus mencapai 200, kalau tahun lalu hanya 150 karena kampus terkena masalah," katanya saat diwawancarai seusai pembekalan PKKMB.

Terlepas itu, menariknya, pada PKKMB tahun 2023 yang rencananya dilaksanakan secara full offline mendadak tiba-tiba berubah menjadi offline-online. Perubahan rundown tersebut dikarenakan berbagai faktor yang menjadi pertimbangan pihak kampus.

"Pra pkkmb itu kan pengarahan aja, yo gaiso mosok dipekso wong kerjo kok (ya gabisa masak dipaksa orang kerja kok), jadi dia (maba) ada yang ijin sehingga kita onlinekan," terang Bambang Sutejo saat disinggung masalah teknis pembekalan PKKMB yang semula offline

[Foto]  Adelintantiha Mahasiswa Baru, Program Studi Administrasi Publik, Program Beasiswa KIP-Kuliah

Sementara, Adelintantiha, salah satu mahasiswi baru, yang berkesempatan mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) mengungkapkan, setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) Pihaknya memang sangat berkeinginan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik itu negeri ataupun swasta.

"Karena saya masih ingin melanjutkan kuliah di tahun ini karena sebelumnya kan saya coba masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) cuman karena gagal, saya gamau gap year, saya mau tahun ini tetap lanjut jadi saya pilih di swasta aja," ungkapnya selepas pembekalan PKKMB.

Mahasiswi alumni SMAN 10 Surabaya ini berharap, kedepannya agar nantinya bisa lebih mengeksplorasi hal-hal positif demi memperbanyak pengalaman.

"Ketika saya sudah masuk di jurusan administrasi publik ini, saya bisa lebih aktif dan punya banyak pengalaman juga relasi, karenakan di dunia kuliah kan luas banget jadi saya mau coba hal baru juga," tandas adel sapaan akrabnya.

Hal senada juga diungkap oleh Ahmad Shobib, mahasiswa baru asal sidoarjo yang juga berkesempatan mendapatkan diskon pembiayaan sebesar 50%. Pihaknya sangat bersyukur atas pemberian diskon pembiayaan kuliah.

Dengan begini dirinya akan lebih ekstra aktif dalam kegiatan-kegiatan kampus untuk memperbanyak pengalaman agar bisa bersaing di era yang sangat maju ini.

"Salah satu alasan saya masuk Unipra yaitu ingin menambah wawasan yang lebih luas serta mengasah skill saya, karena di zaman yang serba modern ini kita harus mampu bersaing untuk mencapai cita-cita yang kita impikan," pungkasnya. (Pan/Rud)