Alasan ASN Pemkot Surabaya Kuliah di UNIPRA Surabaya.

[Foto] Heri Subianto pada saat di konfirmasi oleh pawarta BukPoIn

 Surabaya | LPM BukPoIn - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas "WR. Supratman" (UNIPRA) Surabaya, belakangan ini menjadi pilihan bagi  para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, untuk meneruskan jenjang pendidikan tinggali strata satu (S1), lebih tepatnya pada di program studi Administrasi Publik.

Heri Subianto salah satu mahasiswa yang mempunyai latar belakang ASN Dinas Perhubungan (DISHUB) Pemkot Surabaya menjelaskan bahwa, pada saat ini para ASN harus memiliki gelar minimal S1 sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengembangan Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui jalur pendidikan.


"Kita sebagai ASN untuk di era-era ini, kita harus mengikuti perkembangan zaman bahwasanya nanti kalau tidak mengikuti perkembangan zaman kita tertinggal dengan dunia digital saat ini, makanya kita untuk pengembangan karir di  pemerintah kota Surabaya juga membuka semua untuk ASN "monggo" (dipersilahkan) kuliah dimana asalkan nanti bisa untuk peningkatan baik pangkat maupun karir," Ujarnya setelah prosesi pengukuhan menjadi mahasiswa baru (Maba), Minggu (17/9/23).


Orang yang berkumis tebal ini mengatakan kuliah di Unipra mengambil prodi Administrasi Publik dikarenakan hal yang selaras dalam bidangnya di birokrat.


"Saya ambil di Program Studi (Prodi) Administrasi Publik, karena basic saya gitu (ASN), karena pemerintah kota itu yang juga mengenai administrasi negara khususnya administrasi publik nanti ruang lingkupnya juga gitu," Tuturnya


Lebih lanjutnya ia berpendapat untuk prospek kedepan pada prodi administrasi publik nantinya bisa di lembaga pemerintahan.


"Bagus, untuk ASN dilingkungan pemerintah kota Surabaya, karena yang di ajarkan di mata kuliah itu sudah mengena di bidang-bidang kami," lanjutnya.


Sementara itu, Bachrul Amiq Rektor Unipra memberi respon baik terhadap para ASN yang meneruskan pendidikan di UNIPRA.


"Iya tepat, karena mereka sudah mengabdi di birokrasi iya mereka butuh penguatan teoritik iya mereka bisa peroleh di Unipra karena Unipra punya administrasi publik dan akreditasi nya B dosen-dosen juga asuh oleh para doktor saya kira ASN tidak salah pilih ketika kemudian bergabung di Universitas "WR. Supratman Surabaya", tuturnya (Rud/Pan)