HIMAP Audiensi Ke KPU Kota Surabaya, memperkuat Partisipasi pemilih pemula.

[Foto] Para Anggota HIMAP bersama komisioner KPU devisi sosialisasi Pendidikan Pemilih
Surabaya | LPM BukPoIn –Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP), Program studi (prodi) Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas "W.R. Supratman" (UNIPRA) Surabaya, terus melaksanakan peningkatan keilmuan dengan cara audiensi, Senin 12/06/2023 audiensi ke Badan Pengawas Pemilu (bawaslu) Kota Surabaya. Kamis 15/06/2023 Himap audiensi Ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya.

Audiensi ke KPU Kota Surabaya bertemakan Partisipasi Pemilih Pemula, pada Pemilu serentak 2024, kegiatan tersebut berlangsung di Ruang pertemuan KPU Kota Surabaya pada siang hari (13.00 WIB).

Ketua HIMAP, Puteri Kirani Rahayu menjelaskan, Peran pemilih pemula sangat penting untuk mendukung KPU dalam mensukseskan pemilu 2024 mendatang.

"Peran aktif dan peran serta dari pemilih pemula itu sangat penting karena dalam menjalankan tugasnya KPU Kota membutuhkan partisipasi masyarakat dari beberapa elemen," kata mahasiswi semester 4 saat di konfirmasi pewarta BukPoIn.

Ia juga mengatakan, meningkatkan dan mengevaluasi tingkat partisipasi masyarakat dengan mengadakan Seminar berbasis partisipasi pemilih pemula pada bulan Oktober mendatang untuk memberikan kesadaran bagi pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang.

"Kami akan menindak lanjuti audiensi ini dengan akan mengadakan Sosialisasi Partisipasi Pemilih Pemula di bulan Oktober. Bapak Subairi selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM akan kami gandeng di sosialisasi kami sebagai narasumber," ungkapnya.

Sedangkan, Subairi Anggota Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM mengucapkan, Ini menjadi terobosan yang luar biasa, salah satu bentuk kepedulian kepekaan atau dalam rangka menjadi pendahuluan teman-teman mahasiswa itu berdiskusi dengan kita KPU Kota Surabaya.

"Sehingga kalau ngomong pemilu, ini laboratoriumnya kan KPU sehingga ketika hadir kesini yang di terima itu utuh tidak mendengar dari pihak luar, dan yang disampaikan sesuai aturan dan ini yang menjadikan saya cukup menyambut baik," 

Lebih lanjut ia mengatakan, Biar tidak kemudian menjadi Narasi-narasi yang liar,
Itu menjadi langkah yang baik, kalau dalam dunia pendidikan itu Klarifikasi kalau saya Tabayyun.

"Mahasiswa bagi saya adalah garda terdepan kemudian bisa mengawal bersama-sama pemilu di 2024, sehingga ini menjadi pendidikan pemilih antara mahasiswa dan KPU nah kedepannya itu mari bersama-sama kita menularkan hasil pendidikan pemilih kepada masyarakat," tuturnya saat dikonfirmasi setelah acara Audiensi selesai.

Subairi juga mengharapkan, program positif seperti ini harus di pertahankan dan banyak belajar bersama-sama dan juga sama-sama saling memberikan masukan.

"Tentu terus di pelihara iklim-iklim seperti ini, karena sebetulnya iklim positif, iklim yang kemudian menjadikan kita untuk tambah belajar bersama, terkait tentang pemilu dan tentu saling memberikan masukan," tutupnya. (Asr/Rud)