Bincang Soal Pengawasan Partisipatif, HIMAP UNIPRA Gelar Audiensi ke Bawaslu Surabaya



[Foto] Ketua Bawaslu Kota Surabaya (sebelah kiri) bersama Ketua HIMAP UNIPRA (sebelah Kanan) 
Surabaya | LPM BukPoIn - Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas "W.R. Supratman" (UNIPRA), menggelar audiensi dengan Bawaslu Kota Surabaya, untuk membahas terkait pengawasan partisipatif pemuda dalam pemilu 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di kantor Bawaslu pada siang hari (12.00 WIB), dengan diikuti oleh pengurus HIMAP Periode 2023-2024, Senin (12/6/2023). 

Ketua Himap, Puteri Kirani, menjelaskan, untuk memastikan jalannya demokrasi pada pemilu 2024 tanpa adanya kecurangan, maka sangat diperlukan keterlibatan pengawasan dari berbagai elemen masyarakat untuk menciptakan pemilu yang jujur dan adil. 

"Sebagai pemuda kami juga perlu untuk ikut serta dalam mensukseskan pemilu serentak 2024 mendatang. Untuk itu kami melakukan audiensi ke Bawaslu untuk melakukan kerjasama dalam mengawasi jalannya pemilu 2024," jelasnya pada saat di konfirmasi pawarta BukPoIn melalui Via WhatsApp.

Untuk mensukseskan pesta masyarakat yang berlangsung di tahun 2024 mendatang, pihaknya mengharapkan dari kerjasama yang dilakukan dengan Bawaslu dapat menciptakan pemilu yang jujur dan adil. 

"Harapannya semoga kami dapat bekerja sama dengan baik karena kami tentunya satu tujuan yaitu demi mensukseskan pemilu 2024 yang akan mendatang," cetus aktivis mahasiswi ini. 

Sementara, Muhammad Agil Akbar, Ketua Bawaslu Surabaya, menerangkan, bahwa pemuda juga memiliki peran dalam urusan pengawasan pemilu. Karena dalam program pengawasan partisipatif, seluruh masyarakat memiliki peran untuk mengawasi pemilu. 

Agar pemilu 2024 berlangsung tanpa adanya kecurangan, Bawaslu membuka seluas-luasnya kepada teman-teman Himap UNIPRA, untuk melakukan kerjasama dalam mengawasi pemilu 2024 yang beberapa tahapan ini sudah berjalan. 
 
"Jadi kita sangat mendorong ada kerjasama yang berkesinambungan, kita coba untuk mendorong ada semacam MOU untuk berkegiatan bersama karenakan kesibukan kita kan awasi prosesnya kemudian karena yang namanya bawaslu ini juga membutuhkan bantuan seluruh elemen masyarakat," terangnya ditemui awak media BukPoIn usai Audensi selesai.

Lebih lanjut, pihaknya juga memberikan apresiasi atas audiensi dan tawaran kerjasama yang dilakukan oleh Himap, untuk membantu Bawaslu dalam mengawasi pemilu 2024.

"Bawaslu sangat mengapresiasi temen-temen mahasiswa, yang kemudian memberikan perhatian kepada kami. Karena memang bagi kami ini merupakan bentuk perwujudan sesungguhnya bagaimana membumingkan pengawasan pemilu," Imbuhnya.

Mengetahui kegiatan audiensi dengan Bawaslu yang dilakukan Himap, Rektor UNIPRA, Bachrul Amiq, memberikan apresiasi kepada mahasiswa UNIPRA yang turut menjaga demokrasi Indonesia melalui pengawasan pemilu 2024 yang saat ini sudah berjalan. 

"Saya apresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Himap, karena mahasiswa juga memiliki peran dalam mengawasi pemilu dan itu akan terlibat aktif dalam menjaga demokrasi," Tutupnya. (Pan/Rud)