UKKI Unipra, akan melaksanakan peringatan Nuzulul Qur'an, ingin tahu kapan ?

[Foto] Ketua UKKI UNIPRA Menyerahkan undangan kepada PAC IPNU Sukolilo 
Surabaya | LPM BukPoIn - Unit Kegiatan Kerohanian Islam Universitas W.R Supratman (UKKI UNIPRA) Surabaya, akan melaksanakan pengajian umum dalam rangka memperingati hari turunnya Al-Qur'an (Nuzulul Qu'ran), Kamis 13 April 2023, dengan tema 'Kokohkan Hati dengan Iman, Taklukkan Dunia dengan Al-Qur'an'.

Pengajian umum tersebut akan menghadirkan penceramah Gus Rijal Mumazziq Z, M.H.I, yang sekarang menjabat Rektor Universitas Al-Falah As-Sunnaiyah, kencong, Jember. Sedangkan qori' penitia menghadirkan Ning Erva Uyun Nur Rohmah, santri pondok pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Jombang. Sedangkan sebagai sambutan pembuka acara akan dibuka Rektor UNIPRA, H. Bachrul Amiq. 

Mashuri, ketua UKKI UNIPRA, menjelaskan asal muasal munculnya ide untuk mengadakan kegiatan seperti ini, pada saat teman-teman sering berdiskusi setelah selesai melaksanakan pembacaan Yasin dan tahlil yang dilaksanakan secara rutin hari tiap hari Kamis di Musholla An-Nur Unipra Surabaya.

"Kita selalu memikirkan bagaimana caranya agar organisasi UKKI ini bisa hidup dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Nah berangkat dari keinginan itulah, maka terciptalah ide untuk membuat kegiatan atau acara Nuzulul Qur'an ini," jelasnya, Senin (10/4/2023). 

Untuk materi dalam kegiatan ini, lanjut Mashuri, ada dua bahasan yang akan disajikan oleh UKKI yaitu mengenai sejarah turunnya Al-Qur'an serta mengapa ada surat Makkiyah dan Madaniyah. 

"Setidaknya ada dua pembahasan kecil, diantaranya tentang sejarah turunnya Al-Qur'an serta mengapa ada surah Makkiyah dan Madaniyah ? Intinya pada acara ini tidak jauh-jauh membahas Tentang Al-Qur'an," terang Mashuri, Mahasiswa semester 4, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). 

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, semoga bisa mendapatkan keberkahan serta juga dapat memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat sekitar yang mengikuti pengajian untuk memperingati hari turunnya Al-Qur'an. 

"Semoga berangkat dari acara ini, bisa membawa dampak positif bagi seluruh orang yang turut hadir dalam acara tersebut. Bahkan saya berharap adanya acara ini bisa membawa keberkahan bagi Universitas W.R Supratman dan sekitarnya," harapnya. 

Diketahui untuk persiapan kegiatan pengajian umum memperingati Nuzulul Qu'ran, teman-teman panitia peringatan Nuzulul Qur'an sudah menyebarkan surat undangan ke ormas seperti Nahdlatul ulama beserta banomnya (PAC Ansor, PAC IPNU/IPPNU, PAC Fatayat dan MWC Muslimat NU) kecamatan Sukolilo, serta takmir masjid yang ada di kecamatan sukolilo.

Sementara, Krisna Ketua Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Sukolilo, sangat mengapresiasi kegiatan UKKI Unipra Surabaya.

Dirinya melihat, UKKI kampus-kampus yang ada di sekitar Sukolilo sangat minim sekali untuk mengadakan kegiatan pengajian umum memperingati hari turunnya Al-Qur'an. 

"Alhamdulillah saya mengapresiasi atas programnya UKKI Universitas W.R Supratman Surabaya, tapi saya melihat dilingkup Sukolilo sendiri itu UKKI nya masih belum sepenuhnya terjun kepada masyarakat, karena kurang adanya komunikasinya contohnya di Nahdlatul Ulama sendiri, nah itu belum ada komunikasi sama Nahdlatul Ulama sendiri," tutur Krisna mahasiswa UINSA Surabaya. 

Ketua PAC IPNU Sukolilo ini berharap kepada UKKI UNIPRA agar sering-sering melakukan kegiatan semacam ini, karena kegiatan seperti inilah yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. 

"Semoga tidak hanya acara Nuzulul Quran saja untuk menyentuh masyarakat lebih baik acara-acara lain tentang kerohanian Islam. Kedepannya UKKI UNIPRA melakukan program-program yang lain, yang progresif langsung menyentuh ke masyarakat dan mengenal kan universitas W.R Supratman itu seperti apa," pungkasnya. (Pan / Rud)