Email Dardak, Himpunan adalah Penguatan Jaringan Bisnis, Keberpihakan


[Foto] Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jatim)
Surabaya | LPM BukPoIn - Berorganisasi berarti siap untuk berjuang bersama, bukan jalan sendiri-sendiri. Ini juga yang jadi semangat lahirnya sebuah himpunan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, menyampaikan saat menghadiri Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Provinsi Jawa Timur di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jumat (17/2/2023).

“Kata kuncinya adalah penguatan jaringan bisnis, keberpihakan. Kita tidak akan berkembang kalau sendiri-sendiri. Ada yang bilang kalau mau lari cepat maka larilah sendirian, tapi kalau mau lari jauh maka larilah bersama-sama,” ucap Emil pada saat memberi sambutan di depan ratusan nahdliyin.

Termasuk sejumlah undangan seperti Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, Ketua Umum DPP HPN Dede Supriyadi Arief, Dewan Pembina DPW HPN Jatim KH Asep Saifudin Chalim, dan Ketua DPW HPN Jatim Syamsul Hadi, ia juga menyampaikan kondisi ekonomi Jawa timur.

“Tahun 2022 lalu, pertumbuhan ekonomi Jawa timur berada di angka 5,34, sedangkan nasional 5,31. Artinya pertumbuhan ekonomi Jawa timur lebih tinggi dibanding rata-rata nasional. Dan itu semua ada sumbangsih dari panjenengan semua, pengusaha nahdliyin,” Imbuhnya.

Sebesar 57,81 persen penyumbang perekonomian Jatim, lanjut ia juga merupakan pengusaha UMKM. Untuk itu ia mendorong agar masyarakat lebih mencintai produk lokal, apalagi di tahun 2023 diproyeksi bakal terjadi resesi global.

“Tahun 2023 diproyeksi agak kelam isu resesi global dan suku bunga yang masih tinggi dikhawatirkan akan mengganggu minat ekspor. Tapi bersyukurlah pasar domestik Indonesia besar,"tuturnya.

Untuk itu kita harus memperkuat konsumsi dan investasi dalam negeri. Sebab belanja pemerintah hanya menyumbang 5 persen dari perekonomian Jawa timur.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah ini kemudian mengajak para pengusaha nahdliyin untuk bisa bersinergi bersama pemerintah untuk mengembangkan industri halal di Jawa Timur.

“Sukses terus para pengusaha Nahdliyyin, Semoga Allah meridhoi kebaikan kita semua,” bebernya. (Abd/Rud)