Presiden Mahasiswa (BEM) UNIPRA Menjadi Duta UMKM JATIM 2022


[Foto[ Fingky Suswati Duta UMKM 2022 Jawa Timur

Surabaya | LPM BukPoIn - Fingky Suswati (21) Wanita kelahiran 2000 di Bojonegoro, ialah seorang mahasiswi yang aktif dan berbakat dari prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, di Universitas WR. Supratman (UNIPRA).

Yang dinobatkan menjadi peserta Duta UMKM Jatim 2022 sekaligus menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Unipra.

Pada tanggal 15 Maret 2022, Porprov Jatim melaksanakan Program barunya yaitu Duta UMKM Jatim 2022 merupakan sebuah paguyuban pemuda dan pemudi yang mendukung kemajuan di bidang usaha.

Dengan diikuti oleh 125 peserta dari berbagai wilayah di Jawa timur.

Kata Fingky ketua BEM sekaligus Duta UMKM Jatim 2022 menjelaskan, “Ada proses tahap seleksi, tes tulis wawasan kebangsaan dan bahasa inggris. Kemudian ada tugas membuat video advokasi atau program kerja. Kemudian di akhiri ada Grand final yang sebelumnya telah dilaksanakan karantina selama 2 hari. Pada kegiatan karantina ada Pelatihan menjahit, pelatihan bahasa inggris, pelatihan make up,dan Grebeg UMKM yang ada di Kebun Binatang Surabaya,” ungkapnya.

Menuju proses ke grand final peserta harus mengikuti seleksi terlebih dahulu untuk lolos ke tahap selanjutnya, bukan hanya seleksi saja akan tetapi peserta yang lolos juga di karantina untuk mengikuti berbagai pelatihan yang sudah terdata, bersamaan dengan mensurvei para UMKM yang berada di kawasan kebun binatang Surabaya. 

Ada 13 peserta yang lolos dan terpilih menuju ke grand final di Food Juction, Grand Pakuwon Surabaya, salah satunya Fingki dengan mempromosikan produk makanan dari Bojonegoro yaitu krupuk pasir dan kripik Usus.

Wanita kelahiran di Bojonegoro menjelaskan untuk ikut dalam program ini, adalah "Karena cinta dan suka sama dunia berwirausaha yang erat kaitannya dengan pelaku UMKM, serta ini membantu mengembangkan UMKM di Jawa Timur untuk Go digital". 

Sebagai seorang Mahasiswi yang berbakat mempunyai keinginan untuk mengembangkan UMKM yang ada di Jatim dengan melakukan bisnis / usaha yang memanfaatkan sarana teknologi secara online seperti Aplikasi, Website, Media Sosial dan lainnya.

Harapan Fingky, "semoga kedepannya dapat lebih banyak mencetak muda mudi yang berprestasi dan peduli dalam dunia UMKM dan ekonomi Kreatif yg ada di Jawa Timur". Tutup Fingki (Rud/Rvl)