Sejarah Berdirinya Universitas W.R. Supratman Surabaya

[ Foto ] Universitas W.R Supratman Surabaya

Surabaya | LPM BukPoIn - Universitas W.R. Supratman (UNIPRA) adalah sebuah Universitas Swasta di Surabaya dengan biaya yang terjangkau dan berkualitas tinggi, yang terletak di Jl. Arief Rahman Hakim No.14, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111.

Dibalik berdirinya UNIPRA ada sejarah panjang sampai menjadi sebuah Universitas.

Awal mula UNIPRA adalah gabungan dari dua akademik yaitu Akademik Gula Surabaya (AGS) dan akademik keuangan dan manajemen (AKM).

Menurut Bambang poejo sebagai Warek 2, saat di wawancarai reporter BukPoIn dengan pakaian yang matching mengungkapkan.

 "Berdirilah disini akademik gula terus waktu itu kita berubah menjadi sekolah tinggi teknik industri awalnya, setelah disitu Teknik industri berjalan satu tahun kemudian akan bergabung dengan AKM (Akademi Keuangan dan Manajemen) kampus nya terletak di SMP Praban," terangnya.

Unipra yang dulunya sebuah akademi gula Surabaya yang telah berjalan beberapa tahun setelah itu diganti dengan nama Akademi Keuangan Dan Manajemen yang terletak di SMP Praban.

Lanjut orang nya berpakaian matching "Akademik gula jadi bidangnya cuma sarjana muda terus kemudian berubah menjadi sekolah tinggi teknik industri, jadi awalnya teknik saja karena sekolah tinggi satu fakultas, kalau akademik itu sifatnya sarjana muda dan itu sekarang sarjana muda tidak memakai gelar sih, yang sudah memakai gelar harusnya S1, S1 itu ada namanya sekolah tinggi, dimana kalau kita berdiri sekolah tinggi itu namanya ketua bukan rektor dan yang ada di situ satu fakultas."

Sebelum menjadi sebuah Universitas, UNIPRA dulu nya sempat menjadi sebuah akademik yang mempunyai satu bidang namanya sarjana muda, dengan berjalannya waktu diganti dengan sekolah teknik industri yang menguasai dalam satu bidang saja yaitu teknik.

Yang sudah terdaftar di Kemendikbud pada tanggal 23 Juli 1985. Dengan status "Diakui' di tahun 1992 yang berjarak  5 tahun, Unipra mendapatkan status "Disamakan", dan berujung menjadi status "Terakreditasi" Oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dengan terdorongnya keinginan leluhur untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa yang tersurat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia Keempat dan sesuai pula dengan pokok-pokok pembinaan Perguruan Tinggi Swasta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Yayasan Pembangunan Indonesia (IBF) sebagai Badan Hukum Pembinaan Universitas W.R. Supratman (Unipra) Surabaya terpanggil untuk ikut berpartisipasi dalam pembentukan serta pengembangan Pendidikan Tinggi Nasional.

Dengan mempunyai visi dan misinya yaitu.

Visi : 

menjadikan institusi yang berkualitas dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) untuk menunjang Pembangunan Nasional yang berwawasan lingkungan.

Misi : 

1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang professional dan berbasis kompetensi.

2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan bagi kebutuhan pembangunan nasional.

3. Menyediakan sarana dan prasarana serta lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efesien.

4. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik didalam maupun di luar negeri

Mengembangkan serta menjaga nilai etika dan moral akademis.

Pada awal kegiatan pendidikan tahun 1985 Dan 1986 sampai dengan saat ini, Keberadaan Universitas “WR. Supratman” (Unipra) Surabaya mempunyai 4 (empat) Fakultas dan Pasca Sarjana antara lain :

- Fakultas Ekonomi, Program studi :

Ekonomi Manajemen Dan Ekonomi Akuntansi

- Fakultas Teknik, Program studi :

Teknik Kimia Dan Teknik Industri

 - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program studi : Ilmu Administrasi Publik Dan Ilmu Administrasi Bisnis

 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program studi : Pendidikan Guru Sekalah Dasar

- Pasca Sarjana Program Studi: Magister Manajemen Dan Magister Ilmu Administrasi. (Rud/Asr)