HIMMAN Unipra Bakal Gelar Webinar Public Speaking, Kepoin Keseruannya

[Foto] Flyer Webinar Nasional Public Speaking, HIMMAN Unipra

Surabaya | LPM BukPoIn - Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMAN) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas W.R Supratman (Unipra) Surabaya, akan menyelenggarakan Program Kerja yang keempat pada hari Senin, 4 Maret 2024. 

Dalam acara tersebut, HIMMAN akan menggelar webinar 'Public Speaking' secara daring melalui Zoom Meeting yang akan dimulai pukul 13:30 WIB.

Webinar ini nantinya akan diisi oleh pemateri yang berpengalaman dibidangnya, yakni Dr. Erna Febriani yang merupakan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul Tangerang, serta akan dipimpin langsung oleh moderator yang berkompeten, yakni Mira Gayatri Kartika, Kepala Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unipra Surabaya.

Ketua pelaksana, Dedy Novianto, menyampaikan bahwa persiapan acara sudah cukup matang dan semua tim panitia sudah siap memastikan kesuksesan acara. 

"Persiapan nya sudah mencapai 85% tinggal diteknisi zoom nya aja pas acara. Dan para panitia selalu siap siaga untuk memantau berjalannya acara Webinar Nasional ini," katanya saat diwawancarai oleh pawarta LPM BukPoIn melalui WhatsApp, Rabu (28/02/2024).

Meskipun mengalami sedikit kendala dalam komunikasi internal, terutama terkait waktu, Dedy mengungkapkan bahwa tim panitia mampu mengatasinya dengan baik. 

"Kendalanya hanya perihal waktu dan komunikasi internal, dikarenakan saya dan Teman-teman juga memiliki tanggung jawab di tempat kita bekerja, tetapi kami dapat mengatasinya itu semua," ungkapnya.

Dedy menjelaskan target peserta Webinar Nasional ini ditargetkan sebanyak 500 orang yang mencakup masyarakat umum dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

"Target kami 500 peserta Mas, karena Webinar Nasional ini ditujukan kepada Masyarakat Umum & Mahasiswa dari Sabang hingga Merauke tapi dengan ketentuan kuota dari Tim kami," katanya.

Menurutnya, tema yang diambil dalam acara webinar tersebut sangat cocok sekali dengan era yang saat ini dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya bagi mahasiswa untuk menunjang komunikasi yang efektif pada era yang sekarang ini. 

"Karena public speaking menjadi salah satu skill penting untuk menunjang komunikasi yang efektif di era society 5.0 dalam aspek kehidupan termasuk ditempat kerja, kegiatan sosial dalam komunitas, dan bahkan untuk kepentingan pribadi. Webinar ini nantinya akan membahas bagaimana memperkuat public speaking di era Society 5.0 dengan fokus pada aspek verbal, vocal, dan visual," terangnya.

Mahasiswa semester 4 ini berharap, agar acara yang telah ditetapkan menjadi program kerja ini dapat sukses terlaksana dan berjalan lancar.

"Harapan saya dalam acara Webinar Nasional ini semoga bisa terselenggara dengan baik tanpa ada kendala apapun dan Semoga acara ini memberikan banyak manfaat positif serta menambah memperluas wawasan keilmuan tentang public speaking yang bisa diterapkan dan bermanfaat berkarier didunia kerja ataupun berwirausaha," ungkapnya.

Sedangkan, Ketua HIMMAN, Septianur Fajrianto sangat mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh para panitia pelaksana dalam mempersiapkan segalanya untuk mensukseskan acara tersebut.

"Alhamdulillah saya bangga dengan kekompakan teman teman untuk mempersiapkan acara ini dari awal hingga sekarang ini," ungkapnya.

Ketua HIMMAN ini juga mengungkapkan alasannya memilih topik public speaking dan menjelaskan output yang akan dihasilkan dari acara yang akan diselenggarakan ini.

"Karena kami sendiri merupakan prodi dari manajemen sehingga Kemampuan public speaking dapat digunakan dengan baik, misalkan dalam melakukan promosi, penjualan, pengenalan dan pengidentifikasian produk, dan public speaking ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat umum lainnya. Output yang akan dihasilkan pada Acara webinar ini dapat membuka peluang yang lebih luas, terutama dalam koneksi serta jenjang karir," jelasnya.

Ia juga membeberkan alasan memilih acara yang berbentuk Webinar (online) ini selain karena sistem perkuliahan yang diterapkan oleh kampus UNIPRA Surabaya, juga agar bisa menjangkau peserta yang tidak bisa hadir secara langsung.

"Kita melihat dengan kondisi kampus W.R. Supratman yang menggunakan sistem hybrid yaitu online dan offline sehingga kita memilih menggunakan webinar untuk menjangkau mahasiswa mahasiswa lain yang juga tidak bisa offline," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan, Kaprodi Manajemen, Mira Gayatri Kartika, Ia pun turut memberikan apresiasi kepada panitia yang telah serius mempersiapkan acara besar ini. 

"Panitia webinar ini merupakan tim-tim baru yang kita kader untuk dapat menggantikan peran atau belajar bagaimana mereka mengelola suatu event. Karena event nya ini merupakan event yang cukup besar karena tingkat Nasional," ungkapnya saat ditemui di Ruangan FEB UNIPRA. 

Kaprodi Manajemen ini juga menambahkan bahwa acara yang akan dilaksanakan oleh Himman ini sangat relevan untuk diselenggarakan di era yang saat ini.

"Iya cocok sekali dong, karena sekarang ini yang diperlukan orang untuk sukses tidak hanya dari kemampuan akademiknya, tetapi yang diperlukan literasi yang mencakup vokal, listening, dan speaking, dan kemampuan itu bagi kita yang sebagai seorang mahasiswa atau job seekers (pencari kerja) nantinya akan dibutuhkan oleh mereka di dunia pekerjaannya," ujarnya.

Dosen yang sehari-harinya mengajar di FEB ini berharap agar kegiatan ini menjadi langkah awal untuk lebih memperkenalkan UNIPRA ke dunia luar. 

"Yang Slsaya harapkan ialah UNIPRA mulai dikenal lagi. Saya tidak ekspektasi mengenai bagaimana nanti ilmu ini diserap oleh mahasiswa, itu harapan yang sekian. Yang saya inginkan adalah kampus-kampus lain mengenal bahwa UNIPRA bisa membuat event sebesar ini dengan mengundang pemateri yang kompatibel dari universitas terbaik yang ada di Tangerang," tutupnya. (Frs/Pan)