Sosok Wanita Hebat ; Bersama-sama berjihad mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

[Foto] Dr. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. (Gubernur Jawa Timur), Dr. KH. Yahya Cholil Staquf. (Ketua Umum PBNU),

Surabaya | LPM BukPoIn - Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur) menyambut hangat peserta Jalan Santai dalam memperingati Hari Santri 2023 menjadi resolusi jihad untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, Jalan Santai ini menjadi nilai kebersamaan masyarakat Jatim, yang dimana pada Hari Santri ini  diperingati pada Minggu (22/10/2023) mengingatkan peristiwa resolusi jihad 22 Oktober 1945 lalu yang berpuncak pada perang terbuka 10 November di Surabaya.


“Pada dasarnya Hari Santri kan memperingati Resolusi Jihad, bahwa kita bersama-sama berjihad mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Itu peristiwa 22 Oktober 1945,” Ujarnya Khofifah, Sabtu (21/10/2023).


Wanita hebat ini, memaknai tarikan napas seluruh peserta Jalan Santai hari ini simbol semuanya dibawah haluan berjihad menjaga NKRI.


"Kalau ini hadir juga diikuti dari luar Jawa Timur, maka sesungguhnya tarikan itu untuk menjaga tarikan NKRI. Dan ini bagian dari membangun persaudaraan supaya tetap guyub rukun,” Ujarnya.


Khofifah berterima kasih pada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI yang menempatkan Surabaya dan Jawa Timur jadi pusat peringatan Hari Santri 2023.


“Terima kasih PBNU, Kemenag yang sudah menempatkan puncak Hari Santri tahun ini di Jawa Timur, terutama di Surabaya,” (Abd / Rud)