HIMA PGSD Bersama UKM Pramuka Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Gelar Perlombaan Tingkat SMA/SMK/MA Se- Jawa Timur

[Foto] diambil pada saat proses pembukaan dimulai dengan di pimpin oleh rektor Unipra 
Surabaya | LPM BukPoIn - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMAPGSD), bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka, menggelar kegiatan memperingati hari sumpah pemuda ke 95. Kegiatan yang dikemas perlombaan Penegak Tangguh (PETA) Scout Competition (SC) 2023 Tingkat SMA/SMK/MA Se - Jawa Timur, digelar di lapangan kampus Unipra Surabaya, bertanjuk "Pramuka Penegak Wujudkan Generasi Pemuda Yang Kreatif dan Berbudi Luhur", pada Minggu (29/10/23)

Perlombaan dimulai pukul 06.00 WIB, diawali  registrasi terlebih dahulu, setelah registrasi tepat pukul pukul 08.00 WIB, para peserta dari masing-masing team harus mendelegasikan anggotanya untuk mengikuti upacara pembukaan, yang dipimpin oleh rektor Unipra. 


Total peserta PETA SC keseluruhan baik Putra maupun putri 410 peserta untuk mengikuti 4 jenis lomba yang diperebutkan yaitu Cerdas Cermat, Sandi Morse Semaphore (SMS), PBB Variasi, Vidio Vlog, dan Pionering.

[Foto] diambil pada saat rektor Unipra (sebelah kiri) melakukan penyematan pada perwakilan peserta PETA SC (sebelah Kanan)

Bachrul Amiq sebagai rektor UNIPRA, menjelaskan bahwasanya kegiatan PETA SC ini sangatlah cocok buat generasi muda yang saat ini, hal tersebut dikarenakan generasi muda masih minim pemahaman nilai Etika yang baik.


"UKM Pramuka Unipra menurut saya membuat kegiatan yang sangat positif, terutama dengan menggerakkan UKM Pramuka atau Pemuda - Pemuda untuk lomba Pramuka sport kompetion, karena jujur saja Pramuka ini, kan salah satu aktivitas yang bisa mengolah atau membekali anak-anak bangsa dengan pemahaman akan nilai-nilai etika yang baik," jelasnya pada saat di konfirmasi oleh pawarta BukPoIn. 


Lebih lanjutnya, ia membeberkan adanya peraturan atau hukum di negara kita ini, masih ada nilai-nilai etika yang harus dijunjung lebih tinggi.


"Jadi kita punya aturan di dalam negara kita ini yang disebut dengan hukum, tetapi lebih tinggi dari aturan ini adalah nilai-nilai moral yang tertuang dalam etika-etika yang sudah di sepakati yang dijunjung tinggi," imbuhannya.


Amiq panggilan sehari-hari, mengajak kepada pemuda-pemudi untuk menerapkan nilai-nilai dasa darma Pramuka diera politik praktis seperti sekarang ini, seperti nilai yang dimaksud dalam suci dalam pikiran dan perbuatan, sangat penting untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


"Di Pramuka diajarkan dasa darma Pramuka, salah satu dasa darma yang kesepuluh itu suci dalam pikiran dan perbuatan penting ini, sekarang kita di pertontonkan oleh para calon pemimpin bangsa ini, saling menjelekkan, mencla -  mencle (Tidak dapat di percaya) penting untuk diingatkan kembali tentang dasa darma Pramuka". Lanjutnya


Orang yang mempunyai kedudukan tertinggi di Unipra ini sempat menyinggung, jika bisa memperebutkan kejuaraan di peta sc ini dapat hadiah yang spesial.


"Untuk sertifikat kegiatan di Unipra ini bisa menjadi bekal untuk mendapatkan beasiswa, ada keringanan Bebas Uang gedung, sampai ada keringanan beasiswa SPP 50% - 100% untuk yang juara-juara nya," ujarnya


Sementara Kurniasari,  Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) merasa bangga dengan terealisasi kegiatan PETA SC hari ini.


"Bangga, Bangga, Bangga sekali kalau kekurangan itu pasti, tidak ada yang sempurna out of the plain iya itu pasti, saya rasa ke depan satu langkah awal untuk Pramuka di universitas WR Supratman untuk mengadakan event-event seperti ini," tuturnya.


Orang yang mempunyai kedudukan tertinggi di FKIP ini berharap kepada peserta PETA SC, sebelum meninggalkan kampus Unipra, para peserta harus benar-benar dapat manfaat yang di peroleh dari perlombaan tersebut.


"Saya harap keluar dari pintu kampus Unipra ini sudah memiliki salah satu tidak semuanya dari sepuluh dasa darma Pramuka ini,"harapannya (Rud/Pan)