Teks Proklamasi Kemerdekaan yang diketik oleh Sayuti Melik

[Foto] dok. Museum Perumusan Naskah Proklamasi 
Surabaya | LPM BukPoIn - 17 Agustus sudah didepan mata, dengan tema "Teruslah Melaju Untuk Indonesia Maju" biasanya disajikan dengan Upacara Bendera yang diikuti oleh seluruh warga Indonesia, Lembaga Pemerintahan sampai ke sekolah-sekolah, sehingga dalam pelaksanaan upacara bendera terdapat susunan acara salah satunya pembacaan teks proklamasi. Mari kita simak bersama Teks proklamasi.

Melansir dari situs resmi Kemdikbud RI, pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Ir Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10.00 WIB, di halaman rumah Soekarno Jl. Pegangsaan Timur No. 56. Pembacaan teks proklamasi pun dilakukan tanpa protokol. Berikut teks proklamasi yang di ketik oleh Sayuti Melik 

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen '05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

Dalam Teks proklamasi tersebut terdapat makna yang dimana kemerdekaan Indonesia merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah untuk mendapatkan hak sebagai bangsa yang merdeka dan tidak ditindas oleh bangsa dan negara lain serta memiliki kedudukan yang sederajat dengan bangsa dan negara lain di dunia ini. (Rud/Pan)