Suksesnya Proker Pertama HIMAP dalam Memperingati Harkitnas 2023

 

[Foto] Jajaran petinggi FISIP serta Ketua HIMAP bersama 2 pemateri pada saat memegang sertifikat
Surabaya | LPM BukPoIn - Terealisasinya Program Kerja (Proker) yang pertama oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP) periode 2023-2024 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas "W.R. Supratman" (UNIPRA) Surabaya yang berlangsung di Aula tercinta Unipra, Pada Selasa (24/5/2023).

Program Kerja yang pertama ini sebagai bentuk untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2023 kemarin, dengan mengadakan Seminar Kebangkitan Pemuda yang dimana tema yang angkatnya "Kebangkitan Pemuda di Era Demokrasi dalam Tahun Politik 2024".

Puteri Kirani Rahayu Ketua HIMAP ini menjelaskan bahwa dalam seminar Kebangkitan Pemuda ia mengundang sejumlah 2 pemateri yang dirasa sangat cocok untuk membahas Pemuda maupun Pemudi di era Demokrasi.

"Dengan membahas dua materi yakni mengenai Partisipasi Pemuda Dalam Mengisi Kebangkitan Nasional oleh Dr. Lia Istifhama, M.E.I., selaku Ketua DPD Tani HKTI Jawa Timur dan Kebangkitan Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan Kota Surabaya oleh Fuad Bernandi, S.Kom., M.MT selaku Ketua Karang Taruna Kota Surabaya," Ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa peserta yang mengikuti seminar ini bukan hanya dari internal kampus tapi juga terdapat organisasi ekstra kampus mulai dari PAC IPNU - IPPNU, PAC Fatayat, PAC GP Ansor, Karang Taruna se-Surabaya serta BEM Universitas dan BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

"Kami mengundang peserta dan tamu undangan dari internal dan eksternal kampus, meliputi dari petinggi kampus dan jajarannya, mahasiswa Unipra dari Himpunan & Ukm, organisasi masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas dan BEM Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik,"Ulasannya.

Orang yang dulunya aktif di BEM Universitas ini beranggapan bahwa tanpa adanya Panitia acara seminar ini tidak akan berjalan lancar.

"Panitia sangat antusias dan partisipasi tinggi sehingga acara kami dapat berjalan dengan lancar. Tentunya kami akan selalu memberi dan mendapatkan manfaat apabila kami mempunyai tujuan baik yaitu belajar bersama atau menuntut ilmu,"Tuturnya.

Sedangkan dari sisi lain Dekan FISIP Erlyna Hidyantari juga sempat membeberkan, bahwa pentingnya peran pemuda maupun Pemudi sebagai generasi penerus dalam partisipasi Pemilu 2024.

"Kebangkitan nasional tentunya masih revelan dengan kondisi bangsa saat ini. Pemuda saat ini merupakan generasi penerus bangsa yang harus diyakini mampu bersaing dan mengharumkan nama bangsa serta harus dapat berpartisipasi dalam politik menjadi penting untuk membangun kwalitas demokrasi,"bebernya.

Sehingga peran pemuda maupun pemudi ini sangat penting dalam proses kemajuan terhadap Bangsa, tanpa pemuda pemudi bangsa ini tidak akan jadi apa - apa, ia menjelaskan bahwa tingkat kemajuan bangsa saat ini terdapat pada pemuda pemudi sebagai penerus bangsa.

"Harus karena tanpa peran pemuda kota Surabaya tidak akan maju, Peran pemuda sangat sering dikaitkan dengan kemajuan suatu bangsa. Peran pemuda  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah tidak diragukan lagi. Memiliki kemampuan dalam menganalisis perubahan zaman sehingga mereka dapat memilih mana yang memang perlu untuk dirubah dan juga mana yang seharusnya dipertahankan," pungkasnya. (Rud/Pan)