Respon Mahasiswi berparas Cantik, terhadap Partisipasi Pemuda di tahun Politik

 

[Foto] Ketua HIMAP dengan senyuman lebar 
Surabaya | LPM BukPoIn - Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP), Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas "W.R. Supratman" (UNIPRA) Surabaya, akan memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023 yang jatuh pada tanggal 20 Mei, dengan mengadakan Seminar Nasional pada Selasa (23/5/2023).

Puteri Kirani Rahayu Ketua HIMAP periode 2023-2024 saat di hubungi pewarta mengungkapkan, bahwa Seminar Nasional ini patut untuk di laksanakan. Hal tersebut dikarenakan kita bisa melihat bagaimana situasi para pemuda saat ini, dan juga dapat memberikan wawasan tentang bagaimana cara kita untuk berperan aktif di kalangan masyarakat.

"Acara ini memberikan kesempatan bagi pemuda untuk bertemu dengan pemimpin dan tokoh inspiratif, mendengarkan cerita inspiratif, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mereka dapat mengambil peran aktif dalam masyarakat," Tuturnya.

Lebih lanjutnya ia menjelaskan, bahwa seminar nasional ini dapat memberikan ruang bagi para pemuda untuk menyampaikan aspirasinya tentang pentingnya partisipasi pemuda di era Demokrasi 2024.

"Seminar ini dapat menjadi forum untuk memfasilitasi dialog antar generasi seperti pemimpin politik, akademisi, atau tokoh masyarakat. Ini membuka peluang untuk saling belajar, berbagi perspektif, dan membangun pemahaman yang lebih baik antara generasi yang berbeda.

Melalui tema "Kebangkitan Pemuda di Era Demokrasi dalam tahun politik 2024", dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu politik dan sosial yang relevan di tahun politik 2024. Pemuda dapat diberdayakan untuk mengenali isu-isu penting dan membangun kemampuan analitis dalam meresponsnya," Ujarnya.

Sehingga ini menjadi momentum yang pas dalam mengawal kebangkitan dari HIMAP. Nama sebelumnya Himpunan Mahasiswa mahasiswa administrasi (HIMANISTRA) berubah nama menjadi HIMAP. Perubahan nama ini agar dapat memberikan dampak lebih terhadap para anggota (mahasiswa administrasi publik).

"Kebangkitan HIMAP dengan semangat kebangkitan nasional, dapat memperkuat arti dan makna dari kegiatan yang dilakukan, serta memberikan dampak positif yang lebih besar kepada anggota HIMAP dan yang ikut mendapatkan manfaatnya," Imbuhannya.

Mahasiswi Semester 4 ini sempat membeberkan, alasannya dalam konteks kebangkitan nasional yang sama dengan bangkitnya HIMAP.

"Pemilihan konsep kebangkitan nasional dapat memberikan landasan yang kuat bagi HIMAP dalam melaksanakan program-programnya. Tidak hanya memotivasi anggota HIMAP, tetapi juga memungkinkan mereka untuk berkontribusi secara positif dalam membangun bangsa dan negara dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi dimasa yang akan datang." bebernya

Orang yang berhijab mengucapkan bahwa output yang didapat para peserta dalam mengikuti seminar Kebangkitan Pemuda. 

"Akan mendapatkan Inspirasi dan motivasi, Jaringan sosial dan hubungan, Pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai kebangsaan, Keterampilan dan wawasan baru, Peningkatan rasa bangga dan identitas nasional," Ucapnya.

Mahasiswi angkatan 2021 ini berharap agar kedepannya HIMAP bisa berpartisipasi dan saling berkolaborasi terhadap organisasi intra di UNIPRA.

"Keterlibatan dan partisipasi aktif anggota, Kolaborasi dan kerja tim yang solid, Kualitas program yang tinggi, Membangun hubungan yg baik dengan pihak internal & eksternal," tutup perempuan pertama menjadi ketua HIMAP,"Tutupnya. (Rud/Pan)