Jaring Kebutuhan SMA/SMK Pasca Lulus, UNIPRA Gelar Pelatihan Pembuatan CV Dan Surat Lamaran Kerja


[Foto] Peserta bersama  Trainer dan Fasilitator pada Pelatihan Pembuatan CV dan surat lamaran.

Surabaya | LPM BukPoIn - Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas W.R Supratman (PPMB UNIPRA) menjaring kebutuhan SMA/SMK sederajat pasca lulus dengan menggelar pelatihan pembuatan curriculum vitae dan surat lamaran kerja. 

Pelatihan tersebut berlangsung di ruang PGSD lt 2, dihadiri dari beberapa SMA/SMK yang ada di Surabaya dan Bangkalan dengan bertajuk 'Profesionalisme Fresh Graduate Dalam Membuat CV dan Surat Lamaran'. 

Dalam kesempatan tersebut, Bambang Sutejo selaku Wakil Rektor 1 UNIPRA mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian  kampus terhadap pelajar kalangan SMA/SMK agar bisa membuat CV dan surat lamaran kerja sesuai standar perusahaan. 

Selain dari itu, Ia juga mengharapkan bahwa ilmu yang nanti akan di sampaikan oleh trainer bisa bermanfaat bagi peserta. 

"Mudah-mudahan ilmu yang diberikan oleh pemateri nanti bisa membantu adik-adik semua dalam membuat surat lamaran pekerjaan dan curriculum vitae," ujar bambang saat mewakili Rektor UNIPRA yang kebetulan ada halangan, Rabu (15/3/2022). 

Sementara, Senior Manager HR Perusahaan Multinasional, Abdullah, mengatakan, sudah menjadi kewajiban kampus untuk mengadakan kegiatan seperti ini, karena salah satu tugas dari lembaga pendidikan tinggi ialah pengembangan pengabdian kepada masyarakat. 

"Sebuah lembaga pendidikan tinggi sudah sewajarnya memberikan fasilitas untuk anak didik SMA/SMK yang mau lulus agar supaya diberikan pengetahuan di dunia industri pekerjaan," kata Abdullah trainer dalam kegiatan pelatihan pembuatan curriculum vitae dan surat lamaran kerja. 

Lebih lanjut, HRD PT Jadi Abadi Corak Biscuit (Jacobis) ini menjelaskan mengenai pembuatan CV dan surat lamaran secara ideal perusahaan multinasional. 

"Jadi surat lamaran dan curriculum vitae itu harus jelas, lugas dan detail. Apa yang hendak dijual kompetensi nilai-nilai keahlian dan pengetahuan serta pengalaman dari calon pekerja profesional itu harus di sampaikan di surat lamaran dan curriculum vitae agar memiliki nilai lebih," jelas Abdullah. 

Disisi lain, Dia juga menegaskan bahwa pendidikan tinggi juga sangat berpengaruh dalam proses jenjang karier di suatu perusahaan. 

"Pendidikan tinggi Strata 1 (S1) sangat penting untuk peningkatan status jabatan dalam dunia pekerjaan, namun juga harus tetap berimbang dengan pengalamannya," tegasnya. 

Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh UNIPRA, karena bisa memberi pengetahuan SMA/SMK dalam dunia pekerjaan, yang nantinya secara tidak langsung akan langsung menghadapi fase ini. 

"Saya sangat mengapresiasi UNIPRA karena telah mempertemukan SMA/SMK dengan profesional industri agar supaya bisa mulai sejak dini dalam dunia pekerjaan," pungkasnya. 

Owner Lembaga AH Partner ini berharap para peserta SMA/SMK untuk mempersiapkan masa depan dengan mencari pekerjaan yang sesuai  keahlian serta jangan lupa kuliah agar bisa mengangkat karier pekerjaannya. 

"Harapan saya kalau untuk peserta itu harus mempersiapkan diri karena habis ini ujian nasional. Setalah itu harus mencari pekerjaan sambil kuliah, karena itu penting," tandas Abdullah. 

Sedangkan Maulidia peserta dari SMA Dr Soetomo kelas 12 merasakan manfaat saat mengikuti kegiatan yang diadakan kampus UNIPRA. 

"Aku seneng banget si, selain aku mantepin buat kuliah, aku juga bisa tau dunia kerja, itu gimana kayak basic kita buat surat lamaran gitu. Dan dari trainers nya juga pembawaanya beliau enak banget jadi kita bisa fahamlah," ujarnya. (Alw / Rud)