Mahasiswa semester III FISIP UNIPRA, bersaing menjadi PPS

[Foto] Surat Pengumuman yang Bernomer 10/PP.04.1-Pu/3578/2023 Tentang Hasil Penelitian Administrasi Calon Anggota PPS Pada Pemilihan Umum Tahun 2024
Surabaya | LPM BukPoIn - Mahasiswa semester 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Program Studi Administrasi Publik, Universitas WR Supratman (UNIPRA) Surabaya, berpartisipasi aktif dalam pemilihan umum (pemilu) serentak 2024. Keterlibatan dalam pemilu dengan mendaftar sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat kelurahan.

Keikut sertaan mahasiswi tersebut dalam proses rekrutmen anggota PPS merupakan bentuk dari implementasi Diskusi Berkala "Pemilih Pemula Dalam Pemilu Serentak 2024" yang di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi (Himanistra) pada hari Kamis 20 Oktober 2022.

Untuk sementara data yang terkumpul, terdapat 4 Mahasiswi Fisip yang mempunyai keinginan untuk menjadi PPS di pemilu 2024 mendatang dari 4 kelurahan yang berbeda.

Tahapan untuk menjadi PPS, para peserta calon PPS di wajibkan untuk mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) yang dilaksanakan selama 2 Hari Senin dan selasa 09-10 Januari 2023 bertempat di Unesa Lidah Wetan Gedung PPTI dan Gedung Library.

Setelah mengikuti test CAT, bagi calon anggota PPS yang lolos, akan seleksi berikutnya tes wawancara. 

Dinda salah satu mahasiswi prodi Adm Publik yang ikut test CAT mengungkapkan, alasannya untuk mengikuti tes calon PPS ditahun ini (2023).

"Saya ingin mencoba sesuatu hal yang baru dan menambah pengalaman di dunia kepemiluan," ucap mahasiswa semester 3 yang daftar di kelurahan Jemur Wonosari.

Bukan hanya itu saja, ia juga sempat membeberkan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti test CAT terutama pada persyaratannya.

"Untuk persyaratan mendaftar PPS di website siakba dan mengumpulkan berkas seperti surat pendaftaran, daftar riwayat hidup, KTP, Pas Foto 4x6, Ijazah Terakhir, surat pernyataan dan surat kesehatan," tuturnya.

Sedangkan menurut merysa yang juga ikut serta dalam test CAT kemarin menjelaskan perasaannya sebelum test dimulai.

"Perasaan saya deg deg an karna banyak pesaing yang sudah berpengalaman," ucap mahasiswa semester 3 yang daftar PPS di kelurahan Menur Pumpungan.

Ia berharap mendapatkan nilai terbaik untuk tes CAT sehingga bisa melanjutkan ke tahapan tes selanjutnya.

"Semoga bisa ke tahap seleksi selanjutnya sampai menjadi PPS," pungkasnya. (Rud/Pan)