Cetak Regenerasi Kepengurusan, LPM Qimah Gelar Diklat Jurnalistik Dasar

[Foto] Ketua Pelaksana pada saat konfirmasi ke BukPoIn
 Surabaya | LPM BukPoIn - Lembaga Pres Mahasiswa (LPM) Qimah, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, melaksanakan program kerja (Proker), Pendidikan dan Latihan Jurnalistik Dasar (DJD), selama 2 hari 3 malam, hari Jumat sampai hari Minggu, 11-13 November 2022, di MWCNU Sukodono, Karangnongko, Sidoarjo.

DJD diikuti oleh 15 peserta mahasiswa, dari semester 1 dan semester 3. Sedangkan tema kegiatan,  "Build A New Character Journalistic". Selama DJD peserta pelatihan, diberikan materi tentang bagaimana cara mahasiswa/mahasiswi bisa berkembang di dunia jurnalistik ?

Menurut Ketua Pelaksana, Fahmy, sangat lah senang dengan berjalannya acara ini, karena berjalan sesuai dengan ekspektasi dari panitia.

"Yang pertama-tama saya bersyukur sekali, acara ini bisa berjalan sesuai rundown yang sudah diterapkan dan semua apa yang kita inginkan dalam acara ini, itu sudah berjalan dengan apa yang kita mau" Tuturnya pada saat konfirmasi ke BukPoIn, pada Minggu (13/11/2022).

Ia juga menjelaskan, dalam pelatihan ini kita mengedepankan teorinya dari pada praktikumnya .

"Sebagian besar acara Diklat tahun ini sama dengan tahun lalu seperti apa yang LPM Qimah lakukan, jadi Diklat kita itu cenderung ke materi," Jelasnya.

Lanjut nya, seperti diketahui bahwasanya, untuk menembus dunia jurnalistik yang baik, harus memahami beberapa ilmu dalam penulisan yang yang baik dan benar.

"Karena seperti kita ketahui sendiri bahwasanya, untuk menembus dunia jurnalistik yang baik, kita harus memahami beberapa ilmu yang harus kita pahami, jadi itu alasannya kenapa LPM Qimah dari tahun lalu sampai tahun ini itu mengedepankan materi dibandingkan praktek, walaupun memang tahun ini tetap ada praktek cuma tidak sebanyak materi nya," Ulasannya.

Harapannya, kepada seluruh peserta, semoga ilmu yang didapat dalam pelatihan ini bisa bermanfaat baik dalam diri sendiri maupun buat orang lain. 

"Setelah adanya acara ini peserta ataupun mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti Diklat tahun ini ilmu apa yang ia dapat pada 3 hari dia malam ini bisa diresapi bisa dilaksanakan dengan baik agar progres mereka dalam berorganisasi di UKM LPM Qimah itu berjalan dengan baik," Tuturnya.

[Foto] Peserta DJD konfirmasi ke BukPoIn 
Sementara itu, Nobair salah satu peserta mengungkapkan, bahwa dalam pelatihan ini sangat lah asyik, menarik, pemapaparan materinya juga mudah untuk dipahami, dan yang lebih penting lagi kita bisa mengetahui bagaimana tata cara penulisan di dalam jurnalistik ?

"Diklatnya iya Alhamdulillah berjalan lancar, asik juga, dan sejauh ini aman² saja," Ulasannya.

Ia juga berasumsi, bahwa sebelum ada pelatihan dalam jurnalistik, saya sudah gemar dalam bidang jurnalistik

"Karena saya tertarik dalam dunia pres atau dunia jurnalistik seperti saya tertarik untuk membuat berita, mewawancarai orang-orang dan saya masuk dalam dunia itu,". Tutupnya.(Rud/Abd)