KIP Kuliah Kapan Cair? Cek Informasi Selengkapnya Disini

[Foto] Proses Pencairan KIP-K 2022

Hallo sobat mahasiswa-mahasiswi penerima KIP-K, bagaimana nih kabarnya status pencairan KIP-K 2022 pada semester ganjil ini, apakah dari universitas kalian sudah melakukan proses pengajuan atau belum ?

Sebelum kita bahas masalah pencairan KIP-K 2022, alangkah tepat nya kita jelaskan dulu mengenai dari mana sih program ini dan kapan pencairannya ?

Program ini adalah salah satu kebijakan dari Kemendikbud untuk membantu para siswa-siswi ditingkat SMA/SMK/Sederajat, yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tapi belum ada biaya, program ini diberikan kepada siswa yang kurang mampu dan berprestasi di bidang akademik.

Program ini adalah program unggulan yang baru saja diluncurkan untuk menggantikan program Bidikmisi, aslinya hampir sama cuman yang membedakan dengan jumlah nominal bantuan yang diberikan, tetapi biasanya tergantung dari kebijakan universitas nya ataupun dari akreditasinya.

KIP-Kuliah adalah sebuah program bantuan pendidikan dari pemerintah untuk lulusan Sekolah Menengah Atas SMA/SMK/Sederajat, dengan program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar ini kalian bisa meneruskan ke perguruan tinggi dengan gratis tanpa membayar biaya sedikitpun, bukan hanya itu saja akan tetapi kalian juga berhak untuk menerima uang pendidikan senilai 4,2 Jt sampai dengan 7,5 Jt tergantung dari kebijakan universitasnya masing-masing.

Dengan biaya yang diberikan oleh pemerintah kalian bisa gunakan dalam kehidupan keseharian, dari biaya yang dibutuhkan dari kampus, bayar kos, beli buku buat referensi, buat uang saku, dll.


Untuk itu dalam proses pencairan di semester ini belum bisa dipastikan, akan tetapi yang saya alami di semester ganjil 2021 kemungkinan hampir sama pada semester ganjil 2022 berikut proses permohonannya:

• Jika status permohonan KIP kuliah dikirimkan pada tanggal 1 hingga 15 Agustus 2021 maka beasiswa KIP Kuliah akan cair pada tanggal 6 September 2021.

• Jika status permohonan KIP Kuliah dikirimkan pada tanggal 16 hingga 22 Agustus 2021 maka beasiswa KIP Kuliah akan cair pada tanggal 13 September 2021.

• Jika status permohonan KIP Kuliah dikirimkan pada tanggal 23 Hingga 31 Agustus 2021 maka beasiswa KIP Kuliah akan cair pada tanggal 20 September 2021.

Nah itu dia proses pencarian di semester gasal 2021 yang saya kutip dari pengalaman ditahun sebelumnya, semoga membantu.  (Rud/Rvl)