Kawal Demokrasi Sejumlah Mahasiswa Unipra Daftar KPPS, Dekan FISIP: Kawal Terus Pemilu

[Foto] Dekan FISIP, Erlyna Hidyantari di ruang FISIP
Surabaya | LPM BukPoIn - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas W.R Supratman (Unipra) memberikan respon yang baik bagi mahasiswa yang telah berani daftar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Erlyna Hidyantari sebagai Dekan FISIP, mengapresiasi kepada para mahasiswa yang daftar KPPS di daerah pilih (dapil) masing-masing.


"Alhamdulillah ini merupakan pengalaman mereka bagaimana caranya demokrasi di Indonesia ini seperti apa," tuturnya, pada saat ditemui oleh pawarta BukPoIn di Ruang FISIP, Pada Rabu (24/1/23)


Lebih lanjutnya, ia mengatakan bahwa ini menjadi pengalaman yang baru buat mahasiswa, apalagi mahasiswa baru (Maba) periode 2023/2024.


"Iya gapapa, baiklah Maba sendiri dia berani untuk mendaftarkan (KPPS) ini merupakan pengalaman dia, apalagi pemilu ini 5 tahun sekali, jadi untuk bisa menggali Ilmunya bagaimana cara menangani pemilu saat ini," imbuhannya.


Orang yang mempunyai kedudukan tertinggi di FISIP ini membeberkan KPPS ini adalah kunci utama dalam proses penghitungan suara.


"Bisa tau KPPS itu pekerjaannya menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berlangsung dengan jujur dan adil, saya memberikan respon yang sangat baik Maba yang sekarang ini (Periode 2023/2024) mungkin juga ada KPPS nya dari semester 5," ujarnya.


Ia juga sempat memberikan, pesan tersirat untuk para generasi penerus bangsa. 


"Mahasiswa Baru merupakan pemuda penerus bangsa kawal terus pemilu Tahun ini dengan demokrasi yang berkeadilan tegakkan kejujuran siapapun yang menang kita harus bisa menerima dan yang kalah harus bisa punya ati yang legowo," tutupnya.


Perlu diketahui, pelantikan KPPS di laksanakan pada 25 Januari 2024. Merujuk PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 1 ayat (9), KPPS adalah petugas yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melaksanakan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Rud / Pan)